Beberapa waktu yang lalu, terkuak kelompok teroris ISIS melakukan komunikasi di internet dengan layanan dan aplikasi yang terenkripsi dan tidak terlacak. Aplikasi komunikasi yang memiliki keunggulan dalam hal privasi memang sering digunakan untuk hal – hal yang tidak baik, seperti halnya yang dilakukan oleh ISIS. Salah satu organisasi teroris yang bisa dibilang sangat besar di dunia saat ini.

Hal tersebut di ungkap oleh seorang peneliti pemberantasan teroris, Aaron Brantly. Lalu apa saja aplikasi yang digunakan kelompok teroris ini? Berikut adalah 4 aplikasi yang digunakan kelompok teroris  ISIS untuk berkomunikasi di internet.


Sekilas Mengenai ISIS

ISIS dikenal karena memiliki interpretasi atau tafsir yang keras pada Islam dan kekerasan brutal, seperti bom bunuh diri dan menjarah bank. Target serangan mereka diarahkan terutama terhadap Muslim Syiahdan Kristen. Pemberontak di Irak dan Suriah ini telah menewaskan ribuan orang. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebutkan lebih dari 2.400 warga Irak yang mayoritas warga sipil tewas sepanjang Juni 2014. Jumlah korban tewas ini merupakan yang terburuk dari aksi kekerasan di Irak dalam beberapa tahun terakhir.Aksi Negara Islam Irak dan Suriah ini telah menyebabkan tak kurang dari 30.000 warga kota kecil di timur Suriah harus mengungsi.


Daftar Aplikasi yang Digunakan ISIS


  • TOR

    tor browser

Tor adalah salah satu browser yang dapat menyembunyikan ID serta dapat mengenkripsi semua data saat si pengguna berselancar di internet. Browser ini sangat populer dikalangan para hacker serta kriminal international. Dengan menggunakan browser ini Anda dapat mengakses situs – situs berbau ilegal seperti, situs penjual narkoba, pembunuh bayaran sampai situs yang menjual dokumen rahasia satu negara tanpa ketahuan.


  • TELEGRAM

aplikasi chating aman telegram

Telegram adalah aplikasi pesan instan asal Rusia. Aplikasi ini menjadi aplikasi yang sering digunakan ISIS untuk berkomunikasi antar anggotanya. Mengapa demikian? karena aplikasi ini menawarkan kemanan privacy yang tinggi untuk penggunanya, sehingga memungkinkan pengguna melakukan aktifitas yang ilegal.

Aplikasi pesan instan ini menyediakan fitur Channel yang mirip dengan fitur grup namun tidak membatasi jumlah penggunanya. Mendengar kabar aplikasi tersebut digunakan oleh teroris pihak developer telegram-pun telah menghapus 78 channel yang di indikasikan sebagai chanel ISIS.


  • MAPPR

aplikasi peta mappr

Mappr adalah sebuah aplikasi maps atau peta, dengan layanan ini kelompok teroris isis dapat mengubah lokasi mereka di saat mereka melakukan upload gambar tertentu. Hal tersebut akan sangat menyulitkan pihak keamanan untuk melacak keberadaan mereka. Dengan layanan fake maps ini ISIS dapat terus menyamarkan lokasi mereka, karena mereka dapat mengubah lokasi sesuai keinginan mereka.


  • PROTON MAIL

protonmail email gratis aman

ProtonMail adalah aplikasi layanan email yang terenkripsi dan bisa digunakan secara gratis oleh siapapun. Layanan email inipun sudah memberikan peringatan untuk tidak melakukan kegiatan yang ilegal namun peraturan ini dilanggar oleh ISIS untuk melancarkan konspirasi jahat mereka ke seluruh dunia.


Layanan ini memang dirancang untuk kalangan aktivis, pemberontak, dan wartawan. Namun ternyata para anggota ISIS berlindung pada semua layanan tersebut. Hal ini tentu sangat disayangkan, karena layanan seperti ini bisa mengancam keamanan banyak orang.

Meskipun aplikasi tersebut digunakan oleh kelompok teroris, tapi hal tersebut menandakan bahwa aplikasi-aplikasi tersebut memang terbukti aman bagi penggunanya. Namun perlu Anda ketahui bahwa gunakanlah aplikasi tersebut secara bijak jangan digunakan untuk hal yang tidak-tidak.