Sekarang sudah ada berbagai macam aplikasi untuk menyunting foto. Tidak perlu lagi ribet menggunakan banyak tools untuk membuat foto menjadi lebih menarik seperti di Photoshop. Cukup dengan satu aplikasi maka tinggal pilih fitur yang tersedia dan foto akan otomatis disesuaikan dengan pengaturan yang telah di terapkan.<br><br>Foto akan menjadi lebih cantik hanya dengan beberapa sentuhan. Jadi tidak ada lagi alasan bagi anda mengupload foto dibawah standar di sosial media atau lainnya.<br><br>Disini saya akan memberikan sedikit tips sederhana untuk membuat foto menjadi lebih menarik, dengan memperbaiki foto dari kesalahan pengambilan gambar atau karena hal-hal yang tidak disengaja lainnya. Aplikasi yang digunakan adalah Adobe Photoshop Express yang sudah tersedia di iOS dan juga Android.<br><br>Sebelum melakukan pengeditan gambar, tentunya anda terlebih dahulu harus memilih gambar yang telah ada. Atau bisa juga melakukan pengambilan gambar secara langsung. Setelah foto dipilih banyak hal yang bisa di lakukan untuk memperbaiki atau mempercantiknya.<br>

Cara Mudah Mengedit Foto di Ponsel iOS dan Android Sebelum upload

<br>1. Crop.<br><br>Biasanya pada saat melakukan pengambilan gambar di tempat ramai ada beberapa objek tertentu atau orang lain yang ikut terambil dalam foto. Sehingga foto dirasa kurang sempurna karena objek tersebut. Hal yang kemudian bisa di lakukan untuk membuat foto tersebut lebih menarik yaitu dengan mengCrop bagian yang tidak penting.<br><br>Cara untuk melakukan crop cukuplah mudah, anda tinggal memilih crop tool yang berada pada menu kedua dari sebelah kiri bawah dan mengatur seberapa besar pemotongan terhadap gambar yang ingin dilakukan.<br><br>crop foto dengan adobe photoshop express<br><br>2. Sharpen.<br>

Kadang banyak foto yang kemudian menjadi buram karena resolusi yang kurang bagus dari kamera atau juga pencahayaan yang tidak memadai. Tentu hal tersebut akan sangat mengecewakan, apalagi jika foto tersebut dirasa menarik.

<br>

Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa memilih menu pengaturan yang berada di menu ketiga dari sebelah kiri bawah. Setelah memilih settingan tersebut, anda akan melihat menu sharpen. Sekarang geser tombolnya hingga foto dirasa sudah sesuai dengan yang diinginkan.

<br>

cara menghaluskan foto yang buram

<br>3. Red Eye (Mata Merah).<br>

Mata menjadi merah adalah salah satu kesalahan kamera yang sering terjadi. Permasalahan ini sebenarnya sangatlah mudah diatasi. Karena gambar akan otomatis di perbaiki hanya dengan memilih menu mirip mata yang berada di bawah. Kemudian pilih “Red Eye Auto Detect & Correct“.

<br>

Hal tersebut juga berlaku jika ada kesalahan pada mata terjadi pada foto hewan. Dimana anda tinggal mengtap menu dari “People” menjadi “Pet”.

<br>

mengatasi foto mata merah

<br>4. Menghilangkan Bintik.<br>

Anda mempunyai permasalahan dengan jerawat sehingga tidak percaya diri untuk mengupload foto? Salah satu menu di Photoshop Express bisa jadi solusi untuk hal tersebut. Dengan fitur ini semua bintik-bintik berupa jerawat, debu dan kotoran bisa dihilangkan. Tinggal klik menu yang mirip plester luka, kemudian tap di bagian yang ingin dibuat lebih smooth.

<br>

cara menghilangkan jerawat dari foto

<br>5. Foto Gelap.<br>

Pada saat mengambil gambar dalam keadaan cahaya redup, foto kadang tidak jelas dan sedikit lebih gelap. Tapi dengan menggunakan Adobe Photoshop Express hal tersebut masih bisa di atasi dengan memperbaiki level Exposure.

<br>

Jadi anda bisa menyesuaikan warna dan kontras hanya dengan memilih penyesuaian gambar yang telah di sediakan. Untuk mengaksesnya anda tinggal memilih menu pengaturan seperti pada tips no.2. Kemudian pilih penyesuaian yang tersedia.pengaturan cahaya photoshop express

<br> <br><br>Sebenarnya masih ada banyak fitur yang bisa di akses di Adobe Photosop Express. Anda tinggal mencobanya sendiri dan merasakan perbedaan dari foto yang telah di sunting.<br><br>Demikian beberapa tips sederhana untuk memperbaiki foto yang sedikit mengalami kesalahan gambar. Kalau ada yang kurang jelas bisa ditanyakan dengan mengisi kolom komentar di bawah.