Open Source merupakan sistem operasi yang di kembangkan oleh Google pada Android, dengan adanya sistem ini dengan bebas berbagai sistem apllikasi dan bersumber dari mana pun bisa di install langsung, bahkan membuat aplikasi sendiri. Dan hak istimewa yang akan didapatkan adalah bisa masuk ke sistem android untuk melakukan root.

Root atau Akar adalah Inti dari Suatu Daerah, Atau System, Root Adalah Suatu System Account “Home/Inti” Yang Memiliki Full Akses Kekuasaan Absolut Agar Bisa Mengakses Dan Mengeksesuki Semua Aplikasi Dan File. Karena pada Dasarnya Android itu Berbasis Sistem Operasi Berbasis Linux maka disana Di Terapkan System Root Android. Root Ini Memiliki akses Keseluruh Aplikasi yang ada Di Android, Ia bisa mengeksekusi File dan Aplikasi Yang Tidak bisa di Eksekusi bila kita Hanya menggunkan Quest Atau User Biasa,

bootloader smartphone android dikunci dengan tujuan untuk mencegah agar tidak masuk kedalam sistemnya demi melindungi smartphone yang kita gunakan dari tindakan ceroboh yang menyebabkan kerusakan pada sistem. Inilah cara agar melakukan root untuk memaksimalkan fungsi android.

Manfaat Android Diroot

Cara-Root-Hp-Android-Semua-Tipe

1. Hapus Aplikasi Bawaan

Aplikasi bawaan sistem yang disematkan vendor pada smartphone Android atau disebut dengan bloatware. Dampak yang diberikan adalah tentu smartphone kita jadi memiliki jatah ruang penyimpanan yang lebih sempit dari semestinya. Nah, dengan melakukan root Android, maka bisa menghapus bloatware ini dengan mudah. Jadi memori Android  akan lebih lebih lega.

2. Backup dan Restore Semua Aplikasi

Untuk melakukan backup dan restore semua aplikasi Android dengan menggunakan Titanium Backup maka harus memiliki akses root, makanya penting sekali root Android itu agar mudah melakukan backup dan restore. Bukan cuma aplikasi yang terinstal, namun bisa backup log panggilan, WiFi, dan semua sistem data di Android.

3. Pasang Custom Recovery

Semua smartphone Android pasti dibekali dengan Recovery Mode yang akan memudahkan untuk melakukan berbagai perintah khusus pada sistem Android. Namun Recovery Mode bawaan sistem sangat terbatas, maka dari itu sebaiknya menggunakan Custom Recovery. Lewat Custom Recovery jadi bisa dengan mudah memasang aplikasi sistem, melakukan perubahan sistem dan lain sebagainya. Banyak Custom Recovery yang mungkin sudah sering di dengar, seperti TWRP, Phillz Recovery, CWM, dan lainnya. Dan sangat di butuhkan akses root untuk memasang custom recovery di Android.

4. Custom ROM

Custom ROM, bukan hanya akan mendapatkan tampilan baru, tapi juga bisa menggunakan sistem operasi terbaru (sesuai ROM), hingga fitur sistem yang dibawa oleh Custom ROM yang gunakan. Untuk bisa menggunakan Custom ROM, Android harus sudah root dan terpasang Custom Recovery.

5. Kontrol Kernel dan CPU

Dengan melakukan root pada Android, nanti akan bisa melakukan overclok CPU smartphone. Overclock artinya memaksa prosesor untuk beraktivitas diatas kemampuannya, berjalan lebih cepat daripada spesifikasi default yang dibekalkan oleh vendor. Apa keuntungan dari overclock CPU? Yang pasti Android jadi lebih cepat performanya. Bahkan dengan mengontrol Kernel, bisa membuat smartphone Android lebih hemat baterai dan RAM.

Itulah 5 manfaat dari Android yang di Root selamat mencoba dan semoga bermanfaat!