Dalam beberapa tahun terakhir semua teknologi mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Terutama teknologi transportasi yang terus mengalami kemajuan. Bahkan diprediksi 10 tahun mendatang 85 persen alat transportasi sudah menggunakan teknologi kendaraan tanpa awak untuk membawa penumpang. Dikutip Teknosional dari Tech Insider, Ian Pearson, seorang insinyur World Academy Arts and Science, telah memiliki prediksi perkembangan teknologi transportasi hingga tahun 2045 nanti, berikut prediksinya.

Prediksi Teknologi Transportasi

  • Moda Transportasi Hyperloop

Transportasi Hyperloop adalah sistem transportasi futuristik berbentuk tabung, apabila sesuai prediksi  transportasi jenis ini akan melenggang pada tahun 2025 mendatang. Kendaraan jenis ini akan memiliki kecepatan 800 km per jam. Tentu saja dengan menggunakan moda transportasi dengan teknologi yang canggih akan dapat memangkas waktu penumpang untuk sampai ke tujuan.

Prediksi ini bukanlah sekedar untuk mencari sensasi, pasalnya ada sebuah startup yang berbasis di California, yang bernama Hyperloop Technologies berencana akan membangung tiga Hyperloop pada tahun 2020 dan akan diuji pada tahun 2016 mendatang.

  • Moda Transportasi Mobil Terbang ( Aero Mobile)

Kalau dulu mobil terbang hanya akan Anda temukan dalam fil fiksi, namun sebentar lagi hal itu akan terwujud. Prediksi teknologi itu diyakini pasalnya Keberhasilan mobil terbang AeroMobil 3.0 adalah salah satu alasan Pearson jika mobil ini akan hadir pada tahun-tahun mendatang. Walaupun begitu, Pearson mengatakan jika mobil jenis ini tidak menjadi favorit penumpang karena alasan keamanan.

  • Moda Transportasi Driverless

Perkembangan dalam 10 tahun mendatang, akan banyak bermunculan moda transportasi yang menggunakan sistem driverless atau sistem tanpa awak. Bukan hanya tanpa awak, bahkan nantinya kendaraan jenis ini akan dapat dikontrol menggunakan sebuah perangkat mobile pengguna. Kendaraan dengan teknologi Driverless diprediksi jika kendaraan tersebut tidak akan dilengkapi roda melainkan levitasi magnetik sehingga kendaraan ini akan hadir dengan harga yang jauh lebih murah.

  • Moda Transportasi Jet SuperSonic

Diprediksi pada tahun 2040 jenis moda transportasi udara akan banyak menggunakan pesawat jet dengan kecepatan yang sangat tinggi. Bahkan nantinya pengguna moda trasportasi jenis ini dapat menempuk jarak 5.578 km hanya membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai ke tujuan.

  • Pesawat Tak Berjendela

Kalau pada umumnya pesawat terbang memiliki jendela, maka diprediksi dalam 10 tahun mendatang semua pesawat terbang tidak akan memiliki jendela. Alasannya adalah hal tersebut bisa membuat pesawat lebih cepat. Pasalnya dengan dihilangkannya jendela tersebut, maka pesawat akan jadi lebih kuat dan tahan untuk kecepatan paling tinggi.

Meski jendela pada pesawat nantinya akan dihilangkan, namun jendela tersebut akan digantikan dengan teknologi Augmented Reality. Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

Nah itulah 5 Prediksi teknologi transportasi dalam 10 tahun mendatang. Bagaimana. menarik bukan? Anda tertarik mencobanya? kita tunggu saja kehadirannya.

Pencarian:

  • prediksi tentang perkembangan teknologi komputer pada 10 tahun mendatang (1)