Stars Wars : The Force Awakening, seri ketujuh film fiksi ilmiah legendaris, akan segera tayang di bioskop pada 18 Desember mendatang. Antusias publik menyambut rilisnya film tersebut tidak dapat terbendung lagi, bahkan baru – baru ini layanan Google Translate memasukan bahasa yang dipakai dalam film Stars Wars tersebut ke layananya.

Profil Singkat Google Translate

Menurut Wikipedia Google Terjemahan (bahasa Inggris: Google Translate) adalah layanan yang disediakan oleh Google Inc. untuk menerjemahkan bagian teks atau halaman web dalam satu bahasa ke bahasa lain. Untuk beberapa bahasa, pengguna diminta untuk memberikan terjemahan alternatif, seperti untuk istilah teknis, yang akan dimasukkan untuk pembaruan dalam proses penerjemahan selanjutnya.


Tidak seperti layanan terjemahan lain seperti Babel Fish dan AOL yang menggunakan SYSTRAN, Google menggunakan perangkat lunak terjemahan sendiri. Google Terjemahan, seperti alat terjemahan otomatis lain, memiliki beberapa keterbatasan. Meskipun dapat membantu pembaca untuk memahami isi umum dari teks bahasa asing, tetapi tidak memberikan terjemahan akurat.

Sekilas Tentang Bahasa Aurebesh

Perlu diketahui, bahasa Aurebesh sendiri merupakan bahasa yang banyak digunakan dalam adegan film fiksi ilmiah tersebut. Melalui akun Twitter Resminya @Google, Monster di dunia teknologi  tersebut menggoda para penggemar film dengan berkicau seperti berikut ini

Jika diterjemahakan dalam bahasa Indonesia mungkin artinya akan seperti ini,

“Tidak bisa berkomunikasi dalam 6 juta bahasa? Ini mungkin bisa membantu Anda: https://goo.gl/SNhyAT #ChooseYourSide.”

Dalam tweetnya Google menambahkan sebuah link yang langsung membawa pengguna ke halaman Google Translate. Pada laman tersebut, Anda akan menemukan kalimat “May the force be with you” dan bentuk terjemahan kalimat tersebut dalam bahasa Aurebesh.


Aurebesh---Google-Translate

Saat Teknosional.com mencobanya, layanan penerjemah dalam bahasa Aurebesh tersebut bisa digunakan untuk menerjemahkan kalimat yang lainnya dan juga bisa digunakan untuk menerjemahkan sebuah kalimat dari bahasa Aurebesh ke bahasa lainnya.

Sebelumnya Google juga menghadirkan fitur tema light and dark side untuk meyambut rilisnya film trilogi starwars terbaru itu. Buat Anda yang ingin mencobanya silahkan langsung mencoba layanan google translate dengan bahasa yang digunakan dalam film Stars Wars.