Emulator perangkat konsol? Siapa yang tidak kenal dengan perangkat terasebut? Tidak di pastikan bahwa sebagian dari kita tahu beberapa program emulator untuk beberapa perangkat konsol, misal ePSXe untuk emulator PS1, PCSX2 untuk PS2, Dolphin, dan masih banyak lainnya. Khusunya untuk gamers yang tidak ingin membeli konsol karena beberapa faktor dan hanya mengandalkan perangkat PC,  maka sangatlah di nanti kehadiran emulator.

Sobat gamers harus tau bahwa emulator dari PlayStation 3, RPCS3, terus mengalami peningkatan yang cukup tinggi dari tahun ke tahun hanya untuk emulator ini . Sebagian dari kalian pasti nya belum tahu kan, bahwa emulator yang berbasis open source ini sudah dibuat sejak tahun 2011.  Perkembangan emulator ini bisa dibilang cukup lambat, namun hasilnya katakan saja sangat mengesankan dan mampu membawa harapan baru.

Sobat gamers harus tau bahwa sekarang emulator RPCS3 sudah mampu menjalankan game dengan baik dsn sangat sempurna. Pada akun John GodGames dalam sebuah video yang diunggah  di kanal YouTube. Telah menampilkan sebuah judul game dengan nama After Burner Climax. Pada video tersebut, nampak game aksi bertemakan pesawat tempur ini berjalan sangat mulus, bahkan jarang sekali mengalami drop FPS.

Sebelumnya pada Desember lalu, game ini juga dicoba pada RPCS3 versi sebelumnya, namun hasilnya sangat parah, bahkan bisa dikatakan tidak layak untuk dimainkan. Namun berkat kerja keras dari tim RPCS3, akhirnya game tersebut sekarang ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Namun informasi yang cukup mengkhawatirkan adalah akun John GodGames tersebut menjalankan game tersebut dengan spesifikasi komputer yang bisa dibilang tidak murah. Seperti penggunaan prosesor dari Intel Core i7 6700K, RAM sebesar 16GB, dan VGA card dari Nvidia GeForce GTX 970.

Sampai Saat ini belum ada informasi resmi dari pihak RPCS3 sendiri, yang memutuskan apakah memang membutuhkan spesifikasi yang sangat detail yang akan digunakan untuk membantu menjalankan game PS3 di perangkat komputer. Tapi terlepas dari itu semua, setidaknya perkembangan emulator PS3 ini selangkah menemukan titik terang.