Beberapa waktu yang lalu penjualan produk-produk ilegal di indonesia semakin marak, memang di negara-negara berkembang ada begitu banyak bertebaran perangkat gadget yang penjualan-nya bersifat tidak resmi atau pun ilegal. Layaknya suatu produk ilegal atau tidak resmi sudah barang tentu tidak bisa membedakan mana yang asli ataupun refurbhised. Bahkan yang lebih parah tidak sedikit yang berstatus tiruan atau replika. Berikut beberapa cara membedakan ketiga hal tersebut :

SmartPhone Replika atau Palsu

Menjadi sesuatu yang lumrah ditemui dalam kehidupan sehari-hari sebuah produk asli atau pun palsu, khususnya smartphone. Karena memiliki dan membawa nama brand ternama sperti Apple iPhone dan Samsung  membuat perusahaan nakal memproduksi barang palsu atau pun tiruan. Ada juga beberapa merk ternama lainnya yang ikut di palsukan.

Bedakan Smartphone Replika,Black Market,dan Refurbished

Dari segi bentuk dan tampilan di desain sedemikian rupa agar mirip dan hampir seratus persen sama sehingga susah dibedakan. Smartphone replika ini di pasarkan dengan harga yang jauh lebih murah di banding dengan harga asli.  Interface dan beberapa fitur nya pun sangat jauh berbeda sehingga anda bisa cukup mudah mengetahui smartphone palsu ini jika sudah terlebih dahulu mengetahui bagaimana spesifikasi dan performa produk yang asli.

Smartphone Black Market (BM)

Smartphone dari Black Market atau Pasar Gelap merupakan smartphone original. Tapi kenapa harga yang diberikan sangat murah?. Ini disebabkan jalur yang dilalui untuk pemasaran produk ini melalui jalur pendistribusian tidak resmi, baik dari segi pengiriman maupun pemasaran. Smartphone ini masuk ke indonesia dengan cara ilegal atau tanpa di kenakan pajak. Karena itulah harga jauh lebih murah dari harga pasaran. Mereka sedemikian rupa menghindari bea cukai dan pajak lain dengan menghindari jalur umum yang biasa dilalui barang dari luar negeri. Namun jika di lihat dari perbedaan harga Smartphone Black Market dan Original Resmi harganya tidak lebih dari 50%, biasanya sekitar 20% sampai 30%. Jika mencapai lebih di dari 50%, bisa ada kemungkinan itu smartphone palsu yang melalui black market .

Bedakan Smartphone Replika,Black Market,dan Refurbished

Smartphone Refurbished atau rekondisi

Istilah Refurbished, merupakan smartphone Original atau asli namun keadaan dan statusnya rekondisi. Maksud rekondisi adalah smartphone pernah dipakai sebelumnya tapi mengalami kendala kerusakan pada masa garansi resmi. Kasus nya begini, jika seorang pengguna smartphone yang membeli pada toko resmi suatu produk akan mendapatkan garansi setiap membeli smartphone baru. Pada jangka waktu garansi tersebut smatphone mengalami kendala atau rusak fatal yang membuat tidak bisa diperbaiki lagi. Akhirnya dengan kartu garansi resmi pengguna sebelumnya diberikan smartphone baru sebagai pengganti. Nah, smartphone pengguna yang rusak tadi oleh pihak toko atau serice centre di kondisi ulang dari setiap sudut dan dijual sebagai barang second  yang diperbarui seolah-olah terlihat seperti baru. Inilah yang dinamakan smartphone refurbished.

Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me

Ahmad Shafar Dwi Cahyo

Penulis artikel at asafaharu
sekedar menjalankan hobi
Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me