Ada sekali banyak jenis malware dalam software, seperti virus yang dari dulu telah gencar dan menjadi ancaman bagi pengguna perangkat dalam menjalankan sistem operasi. Sesuai dengan sebutannya, malware sering menimbulkan berbagai dampak negatif dan merugikan para pengguna yang diserang malware atau virus tersebut Ada berbagai dampak yang biasa di timbulkan oleh malware atau virus mulai dari menggunakan bandwith berlebihan tanpa sepengetahuan anda, mencuri data personal, menggunakan resource, dan yang paling parah adalah perlahan namun pasti merusak sistem operasi perangkat. Android merupakan sistem operasi milik google terpopuler di dunia saat ini dengan jumlah pengguna terbanyak seperti wearable, tablet, smartphone, dll. Setidaknya ada 814 malware yang berperan sebagai pemrogram jahat dan telah mencoba untuk menyerang sistem operasi android sejak tahun 2013 silam. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan virus yang menyerang perangkat sistem operasi lainnya. Karena menyadari rentan-nya sistem keamanan sistem operasi android sebagai sasaran program yang merusak. Google telah menanggulangi dan membentengi sistem operasi ini dengan menghadirkan google play service sebagai penjaga keamanan sistem operasi robot hijau ini dari serangan berbagai malware jahat dari sistem bawaan. Karena software ini memang sudah tertanam pada semua versi android tanpa anda harus menginstalnya. Google play service ini secara otomatis bekerja dengan cara memverifikasi aplikasi yang akan anda pasang jika berasal dari sumber tidak terpercaya. Apakah dengan google play service saja bisa membentengi perangkat dari virus? Layaknya sebuah peraturan, semakin marak pengguna maka akan semakin banyak pula ancaman untuk sistem keamanan dari berbagai program jahat. Bahkan sampai saat ini pun android belum bisa terbebas dari malware seperti stagefright yang sedang marak saat ini.

Gunakan antivirus smartphone pihak ke-tiga

Lalu apakah ada aplikasi pihak ketiga yang tepat untuk mencegah hal ini terjadi? Jangan khawatir, kali ini teknosional.com akan membagikan beberapa tips agar smartphone dijauhkan dari malware dan virus.

  • Selalu hindari peng-instalan aplikasi yang bukan diperoleh dari Play Store, karna aplikasi diluar naungan Playstore belum tentu terpercaya sehingga bisa saja aplikasi tersebut merupakan induk dari sebuah malware.
  • Langkah kedua adalah hindari untuk mengunjungi situs pornografi, perjudian dan bajakan karena sangat mudah program jahat memasuki situs seperti ini. Biasanya situs seperti ini sengaja memasang adware yang secara tanpa disadari akan secara otomatis mengunduh virus tersebut.
  • Jika anda ingin memilih sebuah aplikasi dari Play Store, biasakan membaca komentar dan feed back yang dikirim oleh pengguna lain, karena dari sini anda akan mengetahui kualitas apakah layak dan aman jika dipasang pada android anda.
  • Pasanglah sebuah antivirus smartphone yang memiliki fungsi bukan hanya untuk melindungi perangkat, namun juga memiliki fungsi seperti mengatur kinerja aplikasi, membersihkan junk (sampah) dan bisa membuat baterai lebih effisien.
Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me

Ahmad Shafar Dwi Cahyo

Penulis artikel at asafaharu
sekedar menjalankan hobi
Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me