Untuk yang telah lama berkutat dengan produk apple pasti sudah mengenal Icloud Photo Library. Namun untuk pengguna awam mungkin belum terbiasa atau tidak tahu dengan fitur apple yang satu ini. Dan sering bertanya-tanya apa itu Icloud Photo Library. Icloud Photo Library merupakan sebuah tempat penyimpanan foto dan video online khusus untuk pengguna produk apple. Dimana semua foto yang diambil dan video yang direkam akan otomatis tersinkronisasi dengan Icloud Photo Library. Hampir Semua perangkat apple mempunyai fitur ini. Jadi anda bisa mengaksesnya di iPhone, iPad, iPod Touch, Mac, and iCloud.com. Tapi icloud photo library hanya tersedia untuk Ios 8.3 dan Yosemite 10.10.3 ke atas. Dengan menggunakan fitur Icloud Photo Library maka penyimpanan internal bisa di hemat. Dan lagi semua foto dan video akan aman jika terjadi error atau hal yang tidak terduga pada perangkat apple yang digunakan. Karena semua foto dan video akan otomatis terupload ke tempat penyimpanan icloud dimana untuk mengaksesnya anda bisa mengunjungi Icloud.com Photos App. Dan tinggal memasukkan Apple ID dari perangkat yang digunakan. Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Icloud Photo Library?

  1. Untuk iOS 8.3 keatas, masuk ke Settings > iCloud > Photos, Kemudian turn on iCloud Photo Library.
  2. Untuk OS X 10.10.3 keatas, masuk ke System Preferences > iCloud > Options kemudian pilih Photos, dan pilih lagi iCloud Photo Library.

Namun pada perangkat mobile seperti iphone, ipad dan lainnya mungkin anda akan sering menerima notifikasi bahwa Icloud Photo Library Penuh jika ada terlalu banyak foto dan video yang tersimpan di perangkat yang digunakan. Hal tersebut mungkin akan menjadi gangguan bagi sebagian orang. Munculnya pesan tersebut karena memang tempat penyimpanan foto dan video yang di sediakan secara online tersebut terbatas hanya 5 GB. Namun tentu saja hal tersebut bisa di tanggulangi dengan mengupgrade ke premium atau dengan kata lain berlangganan dengan tempat penyimpanan Icloud. Anda bisa menyewa Icloud dengan kapasitas 20 GB dengan merogoh kocek sedikitnya Rp. 12.000 perbulan. Tapi masih ada cara lain jika kita tidak mau berlangganan dan tidak ingin mengeluarkan dana sepeserpun. Caranya pun cukup mudah. Tinggal mengubah beberapa pengaturan di perangkat yang digunakan maka pesan tersebut tidak akan muncul lagi. 1. Buka Settings dan Tap pada pilihan Photos & Camera. pengaturan photos & camera iphone 2. Centang Optimize Storage. how to optimize iphone storage Nah cukup mudah bukan, namun Dengan mencentang pilihan tersebut maka photo dan video akan di optimalkan sehingga resolusinya sedikit turun. Jadi jika dilain waktu anda menginginkan kembali gambar dengan resolusi penuh maka anda bisa kembali ke pengaturan dan menghilangkan centang pada Optimize Storage.