Android adalah sistem operasi paling populer yang paling banyak digunakan, dimana rata-rata setiap vendor handphone menggunakan android sebagai sistem operasi untuk produknya. Misalnya saja samsung, asus sony, oppo, htc, dll. Mereka berlomba-lomba menawarkan smartphone android dengan harga termurah. Jadi sekarang anda bisa mendapatkan ponsel android dengan fitur menarik dengan harga cukup murah. Tidak heran jika smartphone android menjadi handphone paling diminati. Salah satu kelebihan android adalah tersedianya banyak aplikasi yang bisa di unduh secara gratis. Aplikasi tersebut bisa di dapatkan secara cuma-cuma di play store hanya dengan memiliki akun google. Selain itu terdapat banyak fitur yang tentunya akan memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakan android. Namun jika terlalu banyak aplikasi yang terinstal dan semua fitur di aktifkan malah akan membuat penggunaan baterai yang boros sehingga android cepat lowbath. Itu adalah masalah yang sering dikeluhkan oleh para pengguna hp android. Apakah anda juga mengalaminya? Berikut saya akan menjelaskan penyebab dan cara mengatasi baterai handphone android yang cepat lowbath.

Cara Menghemat Baterai Smarphone Android

Untuk menghemat baterai android, sebaiknya anda mengetahui dulu sumber penyebab mengapa hal tersebut terjadi. sehingga kita bisa menemukan solusi cara mengatasinya.

Penyebab Smartphone Android Cepat Lowbath dan cara mengatasinya:.

1. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di Background. Banyak aplikasi yang akan tetap berjalan di background meskipun anda telah keluar dari aplikasi tersebut. Misalnya saja aplikasi sosial media atau chating yang akan tetap berjalan di background untuk memberikan anda pemberitahuan terbaru. Sehingga baterai android akan tetap dipaksa bekerja meskipun sedang tidak digunakan.

Solusi: Matikan aplikasi yang sedang berjalan di background dengan cara Masuk ke menu Settings – Apps – Running kemudian pilih salah satu aplikasi dan tap Stop. Tapi setelah itu anda tidak akan mendapat pemberitahuan terbaru dari aplikasi kecuali anda masuk kembali ke aplikasi tersebut. Jadi lakukan ini jika anda merasa pemberitahuan dari aplikasi tersebut tidak penting dan malah membuat penggunaan baterai boros. Dan jika ada aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan sebaiknya di hapus saja.menghentikan aplikasi background android

2. Terlalu banyak mengaktifkan fitur yang tidak digunakan. Ada banyak fitur di android yang akan membantu anda sehingga memberikan kemudahan. Namun jika semua fitur tersebut di aktifkan malah akan membuat baterai cepat lowbath. Karena fitur-fitur tersebut membutuhkan energi yang besar.

Solusi: Nonaktifkan semua fitur yang sementara tidak sedang digunakan. Misalnya saja matikan wifi pada saat tidak ada jaringan hostspot. Matikan Bluetooth pada saat tidak sedang mentrasfer data. Dan matikan gps pada saat anda tidak sedang menggunakan maps. Anda bisa mengaktifkannya kembali pada saat ingin menggunakannya. Misalnya saja kita ingin menshare lokasi melalui facebook maka gps bisa diaktifkan untuk sementara waktu. Dan mematikannya kembali pada saat selesai menggunakannya.mematikan fitur boros baterai android

Fitur sync juga bisa dinonaktifkan untuk menghemat baterai android. Karena fitur ini akan terus mensinkronkan akun dari gmail, facebook dan yang lainnya dengan smartphone anda jika ada data baru. Jadi dengan menonaktifkannya akan mengurangi proses yang bisa menguras energi baterai.

3. Kecerahan Layar Yang Terlalu Tinggi. Kadang karena mungkin pengaruh cahaya matahari sehingga kita tidak melihat terlalu jelas display dari smartphone android sehingga perlu mengatur brightness sedikit lebih besar. Tapi lupa mengembalikannya ke pengaturan default saat cahaya sudah stabil. Brightness yang terlalu besar akan membuat penggunaan baterai boros.

Solusi: Kurangi kecerahan layar pada saat kondisi gelap. Dan kalau tidak mau susah, ubahlah pengaturan brightness ke Automatis. Sehingga display dari smartphone akan otomatis mengikuti kecerahan cahaya.mengatur brightness android

4. Koneksi Yang Tidak Stabil Pada saat koneksi tidak stabil akan membuat baterai cepat lowbath, karena jaringan akan terus bekerja mencari jaringan yang lebih baik.

Solusi: Sebaiknya gunakan hanya satu modus jaringan. Jadi pada saat jaringan bagus gunakan 3G only dan pada saat jaringan tidak stabil gunakan 2G. Dan jika tersedia jaringan hotspot sebaiknya gunakan wifi.setting jaringan android

Jadi untuk menghemat baterai kita hanya harus pintar mengelola semua settingan dan aplikasi yang ada di smartphone android. Tidak perlu aplikasi penghemat baterai atau semacamnya karena aplikasi tersebut juga akan berjalan di background dan membuat smartphone malah lebih berat dan baterai lebih boros. Jadi lakukan saja dengan cara manual seperti tips dan trik cara menghemat baterai android yang saja jelaskan diatas.