Ada berbagai cara untuk membuat bootable windows dengan flashdisk, baik itu windows Xp, Vista, 7, 8, atau juga windows 10. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah secara otomatis. Tinggal tekan next-next saja hingga proses kerja pembuatan installer windows selesai. Disini kita akan membuat bootable windows dengan bantuan aplikasi Universal Usb Installer. Karena aplikasi ini adalah salah satu yang terlengkap dan juga cara pembuatan bootablenya cukup simpel. Karena jika kita menggunakan cara pembuatan installer windows bawaan dari microsoft, prosesnya cukup ribet.

Alat dan Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Bootable Windows Vista, 7 dan 8

  1. Komputer (Laptop / PC) yang ingin di instal ulang.
  2. Komputer yang akan menjadi wadah pembuatan bootable windows (sebaiknya gunakan laptop atau pc yang terbebas dari virus. Karena virus akan ikut di dalam bootable tersebut, jika terdapat virus atau malware di komputer yang digunakan membuat installer).
  3. Universal USB Installer (Download versi terbaru langsung dari Situs Resmi Pendrivelinux).
  4. Flashdisk 4 GB keatas (tergantung ukuran os yang ingin di instal).

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows Vista, 7, 8 dengan Universal USB Installer

1. Buka Universal Usb Installer (Biasanya akan terbuka dengan Run as Administrator. jika hal tersebut tidak terjadi, maka anda harus menjalankannya sebagai administrator secara manual). 2. Pada saat universal usb installer terbuka akan muncul halaman License Agreement. Klik saja “I Agree”. cara mudah membuat bootable windows vista, 7, 8 3. Anda akan diarahkan ke pilihan os yang ingin dipasang.

* Pilih os yang ingin digunakan.

cara mudah membuat bootable windows vista, 7, 8

* Pilih letak folder os yang ingin digunakan dengan meng-Klik “Browse” (biasanya berekstensi Iso atau semacamnya).

cara mudah membuat bootable windows vista, 7, 8

* Pilih drive USB Flashdisk yang ingin dibuat sebagai installer.

* Centang “We will format Drive as Fat32” (Agar installer bersih dari sampah bahkan virus yang ada di virus).

* Klik “Create”.

4. Selanjutnya akan muncul beberapa peringatan, diantaranya untuk format sebagai fat32, membuat mbr syslinux, mengganti nama flashdisk menjadi UUI, serta pembuatan installer windows. Klik saja “Yes”. cara mudah membuat bootable windows vista, 7, 8 5. Universal Usb Installer akan mengekstrak file dan menciptakan installer windows. cara mudah membuat bootable windows vista, 7, 8 6. Akan terbuka pop up yang memperlihatkan proses copy folder windows. cara mudah membuat bootable windows vista, 7, 8 7. Setelah proses copy selesai, pop up akan tertutup dan akan ada pemberitahuan “Installation Done, Process is Complete”. Sekarang anda bisa menutupnya dengan mengklik tombol “Close”. cara mudah membuat bootable windows vista, 7, 8 8. Eject kemudian cabut flashdisk. 9. Sekarang flashdisk bisa digunakan untuk menginstal ulang komputer (pc/laptop) dengan os Windows. Selanjutnya anda bisa menggunakan flashdisk tersebut untuk menginstal windows dengan mengubah USB FD atau USB HDD menjadi Boot Priority Order di opsi Bios.