Jika anda telah membuat blog, baik menggunakan blogspot maupun wordpress. Anda harus bisa mengelola blog yang anda miliki, karena jika anda tidak bisa mengolah blog dengan baik ada kemungkinan besar pengunjung blog anda akan turun secara perlahan dan akan berakibat blog anda nantinya sepi pengunjung. Kesempatan kali ini Teknosional.com berbagi tips bagaimana cara sederhana mengelola blog yang baik dan benar sehingga anda bisa konsisten dalam pengerjaan blog. Mengelola sebuah blog terbilang gampang tapi juga sulit karena ibarat berdagang untuk memenuhi keinginan pelanggan anda harus menyediakan sesuatu yang dibutuhkan oleh pengunjung. Sama hal nya dengan blog, untuk mendapatkan pengunjung setia anda harus menyediakan informasi yang menarik dan dibutuhkan visitor.

Berikut Beberapa cara sederhana mengelola blog yang baik dan benar

Update Posting Yang Teratur

Hal yang paling penting dalam sebuah blog adalah konten yang ditawarkan pada pengunjung, untuk mengelola sebuah blog anda harus rajin update posting secara teratur. Dengan begini anda akan mendapat perhatian lebih dari mesin pencari dan pengunjung. Dengan update secara berkala dan rutin akan disukai banyak pengunjung  karena memberikan informasi yang ter-update dan akhirnya jika pengunjung merasa nyaman dan menganggap blog anda penting akan di bookmark sebagai penanda agar lebih mudah untuk mengunjungi blog anda. Mungkin akan ada berbagai kendala untuk melakukan psoting ini secara berkala, untuk itu jika anda sedang memiliki waktu yang senggang buatlah artikel sebnyaknya dan semampunya. Dengan banyak cadangan artikel yang sudah dibuat tadi anda akan lebih mudah untuk tetap selalu update teratur dengan menjadwalkan postingan. Namun jika anda tetap juga tidak memiliki waktu anda bisa menggunakan jasa penulis artikel sebagai alternatif mengelola blog anda untuk kategori Update Konten.

Backup Posting Secara Berkala

Ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan tidak terduga. Back up semua data file dan postingan anda agar jika suatu saat terjadinya penghapusan dari layanan hosting. Baik anda menggunakan penyedia hosting gratis maupun premium. Back up lah secara berkala agar tidak terlalu banyak ekhilangan posting ketika hal ini terjadi.

Scan Malware Dan Virus

Jika anda mempunyai blog yang menggunakan platform selain blogger. Sebaiknya anda juga lakukan scan malware secara berkala pada database hosting anda. Untuk cara nya lebih baik bertanya kepada customer service penyedia hosting untuk membuat server anda bisa aman dari virus yang berdampak mengurangi kinerja blog anda.

Begitulah beberapa cara sederhana mengelola blog yang baik dan benar, cara ini menurut para blogger senior merupakan inti dan tips yang terbilang simpel untuk mengelola sebuah blog.

Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me

Ahmad Shafar Dwi Cahyo

Penulis artikel at asafaharu
sekedar menjalankan hobi
Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me