Perangkat komputer dan laptop pasti memiliki satu bagian penting atau disebut dengan hardware bernama RAM (Random Access Memory). RAM merupakan satu bagian penting yang berfungsi untuk melakukan penyimpanan sementara pada saat komputer berjalan. Selain menyimpan data, RAM juga berfungsi sebagai pendukung processor dalam proses computing. Cepat lambatnya kinerja komputer tergantung dari besar kecilnya kapasitas RAM. Cara Untuk Mengoptimalkan RAM di Komputer: pengertian-ram-pada-komputer-daftar-harga-ram

Langkah Mengoptimalkan RAM Pada Komputer

Menggunakan Task Manager

Satu cara untuk mengoptimalkan kinerja RAM adalah dengan memakai Task Manager pada sistem operasi. Di dalam Task Manager pengguna bisa memantau secara lengkap semua kegiatan, proses, dan peforma setiap perangkat komputer. Untuk sistem operasi komputer Windows ada cara untuk membuka Task Manager yakni dengan meng klik kanan pada start taskbar kemudian pilih Task Manager. Nantinya Anda bisa mengoptimalkan RAM dengan menghapus beberapa aplikasi atau program yang sedang berjalan tetapi tidak sedang Anda gunakan.

Dengan Disable Start Up Apps

Untuk Mengoptimalkan RAM Komputer, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama Start Up yang fungsinya memantau proses dan mekanisme setiap software dan hardware pada komputer. Anda bisa mendapatkan aplikasi Start Up di beberapa sumber media internet, kemdian setelah selesai di install segera lakukan dengan membuka task manager kemudian pilih menu start up. Nantinya di dalam tampilan start up akan terlihat program apa yang membutuhkan kapasitas RAM besar, jika tidak menggunakannya Anda bisa mematikannya.

Menggunakan CCleaner

Aplikasi CCleaner digunakan untuk membersihkan seluruh bagian komputer mulai dari software hingga hardware. Ada banyak sumber di internet yang menyediakan aplikasi ini, dan setelah berhasil di install Anda bisa melakukan booster. Nantinya semua aplikasi dan browser akan dibersihkan agar kinerja RAM tidak terlalu berat.

Demikianlah beberapa tips untuk Mengoptimalkan RAM Komputer yang bisa Anda lakukan. Jika setelah melakukan cara di atas kondisi RAM tetap lambat mungkin Anda perlu menambahkan atau mengganti RAM yang lebih besar.