Asus, yang sebelumnya tersohor dengan produk laptop baru-baru ini memang tengah merambah dunia smartphone. Sebagai langkah awal, Asus telah mengeluarkan produknya untuk membidik pasar smartphone dari segmen bawah terlebih dahulu. Namun meski ditujukan untuk segmen bawah, perangkat ini memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni. Yang membuat Asus mudah diterima oleh masyarakat adalah, vendor ini selalu memiliki gebrakan terhadap update perangkat lunak untuk smartphone produksinya.

Salah satu kabar yang mengejutkan adalah, pernyataan Asus terkait jadwal rilis pembaruan softwhare kelas ZenFone menuju sistem operasi Android 5 Lollipop, untuk membuktikan bahwa produk Asus akan terus mengikuti perkembangan jaman dan tidak ketinggalan. Bahkan kabarnya, dua pembaharuan sekaligus akan diusung oleh Asus yaitu pembaharuan OS Android sebelumnya menuju Android 5.0 dan 5.1, yang disesuaikan dengan keinginan pengguna.

update lollipop

Update OS Android untuk ZenFone akan dibuka secara lapang untuk Asus Zenfone Series keluaran pertama yaitu Asus Zenfone 4, Asus Zenfone 4S, Asus Zenfone 5 , Asus Zenfone 6serta Asus PadFone S series.

Namun pemberian update Lollipop untuk ASUS Zenfone dan PadFone akan diberlakukan secara bergilir untuk semua perangkat dan tidak dilakukan secara bersamaan antara smartphone satu dengan yang lainnya. Asus ZenFone 5 LTE seri A500KL, merupakan satu-satunya produk yang saat ini telah menerima Update Android Lollipop. Sedangkan untuk Asus ZenFone 4 (seri A400CG / A400CXG), Asus Zenfone 4S A450CG, Asus ZenFone 5 A500CG dan Asus ZenFone 6 A600CG beserta build number versi sesudahnya akan mendapatkan update Android Lollipop tidak lama lagi, sekitar bulan  Mei 2015 pertengahan.

Nah bagi anda pengguna produk Asus telah disebutkan diatas yang masih menggunakan update OS Android JellyBean, pastikan perangkat Anda telah melakukan upgrade ke Android KitKat terlebih sebelum upgrade Android Lollipop, karena proses upgrade Android Lolipop hanya bisa dilakukan jika perangkat anda telah menggunakan Android KitKat.

Cara upgrade Android KitKat ke Android Lollipop 5.0 pada Asus ZenFone 4, 5, 6 dan PadFone S, dilakukan melalui Overthe Air (OTA update)  dengan cara, buka terlebih dahulu “Setelan ” > “Tentang / About” > “Software update”.