Ketika hendak mengupload gambar atau foto di instagram, harus tercrop mengikuti ukuran gambar yang persegi empat. Padahal kadang ada foto yang semua sudutnya tersebut merupakan sesuatu yang menurut kita penting dan tidak boleh ada sama sekali yang terpotong. Untuk itu kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang kegunaannya agar bisa upload foto dengan full size atau tanpa dicrop atau dipotong sedikitpun.

Salah satu aplikasi agar foto di instagram tidak tercrop yaitu “#SquareDroid – Full Size Photo”. Dengan aplikasi ini semua gambar bisa di upload dengan ukuran full tanpa ada yang terpotong. Jadi semua foto yang tidak berbentuk segiempat akan mendapatkan tambahan gambar berupa warna standar disisi samping atau atas tergantung bentuk gambar.

Cara penggunaannya cukup sederhana, tinggal pilih foto yang akan di upload di instagram kemudian aplikasi akan otomatis mengubah foto sesuai ukuran gambar di aplikasi sosial media instagram.

Cara Upload Foto di Instagram agar Tidak Tercrop Menggunakan SquareDroid:

  1. Dowload dan instal terlebih dahulu SquareDroid – Full Size Photo melalui Playstore.
  2. Buka aplikasi tersebut dan mari mulai membuat foto persegi empat untuk di upload di instagram.
  3. Tap “Pick a Photo” dan pilih foto melalui galeri.aplikasi squaredroid upload foto full size
  4. Aplikasi akan otomatis menambahkan gambar berupa warna disisi samping atau atas mengikuti bentuk gambar.upload foto instagram tidak tercrop
  5. Ada beberapa fitur yang bisa dipilih yaitu antara lain “Set Background Type” dimana kita bisa memilih tipe warna background, Rotasi Otomatis dan Pengubah Ukuran gambar.set tipe background squaredroid
  6. Setelah selesai mensetting foto, anda bisa menyimpannya dengan memilih tombol Save di sebelah kanan atas. Atau bisa juga langsung menguploadnya di instagram dengan memilih “Tombol Instagram”.
  7. Sekarang semua proses sudah selesai dan anda akan mendapatkan foto full size di instagram.

Anda bisa mensetting aplikasi ini sesuai selera dengan menekan tombol setting. Akan ada berbagai pilihan yaitu antara lain Crop Photo jika ada bagian yang ingin dipotong. Atau anda juga bisa menghilangkan centang Add hashtag jika kita tidak ingin hastag #Squaredroid muncul di status instagram dari foto yang di sharing melalui aplikasi tersebut.setting squaredroid

Anda juga bisa mengubah folder tempat penyimpanan foto yang telah diedit dengan memilih “Folder for Saving”. Dan juga mencentang “Notification” jika anda ingin memunculkan notifikasi setelah aplikasi squaredroid selesai menyimpan foto. Anda bisa mencoba sendiri settingan dan fitur yang tersedia dan mencari tahu kegunaannya masing-masing.

Sebenarnya ada berbagai aplikasi pihak ketiga yang mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk upload foto di instagram agar tidak tercrop. Anda bisa mencarinya sendiri di play store dan mencari tahu sendiri fiturnya. Karena beda aplikasi maka beda pengalaman.

Mungkin sekian dulu dari saya untuk cara upload foto full size di instagram tanpa tercrop. Jika ada yang kurang dimengerti atau ada kesalahan yang ingin diperbaiki silahkan berkomentar dibawah dengan sopan terima kasih.