Cara Perbaiki Flash Disk dan Hardisk Lambat atau Rusak – Jika flashdisk atau SD Card anda mulai terasa lambat saat melakukan transfer data, cleaning drive atau menghapus dari partisi merupakan  sebuah solusi terbaik. Hal ini juga bisa untu mengatasi masalah drive yang tidak bisa diformat atau informasi dari disk tersebut menampilkan kapasitas yang salah.

Penting sebelum melakukan proses ini bahwa proses ini akan benar-benar menghapus disk anda secara menyeluruh, jadi selamatkan terlebih dulu file yang berada dalam disk tersebut. Jika untuk hardisk internal, selalu pastikan hardisk yang anda pilih benar.

Berikut Cara Perbaiki Flash Disk dan Hardisk Lambat atau Rusak

  1. Command Promt (as Administrator)

Pertama bukalah CMD dan run as administrator. Untuk win 10 dan 8 ckup tekan tombol Windos + X, pilih Command prompt (Admin).

Flash Disk dan Hardisk Lambat atau Rusak

Pada Win 7 silahkan cari pada start menu. Ketik Command pada search bar start menu kemudian run as administrator dengan menu pada klik kanan.

  1. Gunakan dikspart untuk membersihkan disk

Pada Jendela CMD ketik perintah Diskpart kemudian tekan ENTER.

Kemudian untuk memunculkan daftar diskpart yang telah terhubung pada komputer anda dengan masukkan perintah “List disk “ kemudian ENTER.

Flashdisk, SD Card atau Hardisk Internal Rusak, Bermasalah? Coba Car Ini

Perhatikan dengan seksama out put .berhati-hatilah disini! Jangan sampai anda salah memilih disk, jika terjadi maka anda akan kehilangan semua data yang tersimpan dalam disk tersebut.

Flashdisk, SD Card atau Hardisk Internal Rusak, Bermasalah? Coba Car Ini

Setelah anda sudah mengetahui bagian mana yang akan anda bersikan, ketik perintah “select disk @ “ . sebagai contoh dalam gambar flash disk berada pada disk 01 jadi anda ketik select disk 01.

@ merupakan nomor disk yang akan anda bersihkan

Jika sudah melakukan perintah di atas, maka semua perintah yang nantinya akan anda berikan sekarang hanya bisa di terapkan pada disk yang sudah dipilih.

Untuk melakukan perintah pembersihan pada disk yang telah anda pilih tadi silahkan ketik perintah ”Clean” kemudian ENTER

Akan ada pemberitahuan “ DiskPart succeeded in cleaning the disk” jika pada langkah pembersihan ini berhasil. Langkah selanjutnya tutup jendela CMD dan beralih ke langkah selanjutnya.

  1. Partisi dan Memformat Disk

Dalam tahap ini anda seharusnya dapat mengakses partisi dan memformat disk pada disk management bawaan windows. Untuk membuka menu dsik managemen ini sialhkan tekan tombol Windows + R kemudian masukkan perintah diskmgmt.msc dan tekan enter.

Untuk memulai Disk Management di Windows 10 atau 8.1 klik kanan tombol Start dan pilih Disk Management. Jika anda menggunakan Windows 7 silahkan tekan tombol Windows + R kemudian ketik perintah diskmgmt.msc di kolom Run dan tekan ENTER.

Pada disk management anda akan melihat disk yang tidak mempunyai partisi. Ini adalah disk yang anda format tadi, sekarang klik kanan>> new simple volume dan plih partisi dengan format sesuai keinginan anda.

Jika cara ini tidak berhasil dengan baik, ada kemungkinan Disk yang anda miliki mengalami kerusakan fisik bukan pada soft. Akan tetapi cara membersihkan drive ini merupakan solusi untuk membuat drive tampak rusak akan kembali baik sperti sedia kala.

Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me

Ahmad Shafar Dwi Cahyo

Penulis artikel at asafaharu
sekedar menjalankan hobi
Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me

Latest posts by Ahmad Shafar Dwi Cahyo (see all)