Google, perusahaan besar yang aktif dalam dunia teknologi dan software ini, belakangan memang tengah aktif dalam industri smartphone. Sebelumnya Google dalam merancang smartphone Nexus, ia telah mengambil serta menyadur beberapa modifikasi dari produk yang telah diluncurkan sebelumnya.

Tak jelas bagaimana sejatinya inspirasi yang dimiliki Google untuk memproduksi smartphone baru milik mereka. hanya saja, hampir sebagian besar produksinya, nampak begitu mirip dengan produk lainnya. Sebut saja produk Goggle bernama Nexus One yang disebut-sebut sebagai produk Google yang didapat dari hasil inspiratif smartphone HTC Desire.

Namun seolah telah geram dengan pendapat pasar, Google akan kembali meluncurkan produk terbaru namun tanpa embel-embel menyadur produk lain. Google akan hadir dengan tampilan fresh hasil dari kreatifitas pribadi. SmartphoneNexus 5 terbaru (2015) yang diduga bakal segera diluncurkan oleh Google dalam waktu dekat ini, akan jauh berbeda dari samartphone pada umumnya.

nexus

10Sebelumnya Nexus 5 dikatakan sebagai perangkat jiplakan dari produk smartphone vendor LG yaitu  LG G4. Namun hal tersebut telah dibantah oleh Google, dimana jika para konsumen ingin melihat wujud asli dari produk terbaru Google, mereka harus bersabar terlebih dahulu hinggaNexus 5 resmi diluncurkan.

SmartphoneNexus 5 2015, diprediksikan bakal meluncur dengan menyandang sistem operasi Android M, yang rencananya ponsel tersebut bakal meluncur pada musim gugur tahun ini.Dengan kata lain, proses dan waktu peluncuran Nexus 5 tidak akan lama lagi dilangsungkan. Sebelum kehadiran Nexus 5, awalnya Google juga telah berhasil memproduksi smartphoneNexus 6 tanpa desain menyadur dari produk vendor lain. Diinformasikan oleh beberapa media teknologi, bahwa Google telah mendesain sendiri dari awal Nexus 6 nya tersebut.

Namun karena sebagian besar handset Nexus besutan Google sebelumnya kerap terlihat sama dan menjiplak perangkat Android populer, maka sebutan penyadur untuk Google tidak bisa dihindarkan lagi. Beberapa produk jiplakan Google diantaranya adalah Nexus S yang diklaim telah mencontek desain dari Samsung Galaxy S, Nexus 4 yang juga terinspirasi dari produk vendor LG yaitu  LG Optimus G, serta yang terakhir ini telah dipatahkan oleh Google, Nexus 5 yang disebut-sebut akan tampil dengan gaya mirip LG G4.