Banyak orang sering kali mengeluhkan kesalahan kirim melalui aplikasi e-mail.  Tentunya kalian semua juga pernah mengalami kesalahan mengirim e-mail bukan? Kejadian seperti itu tentunya sangat memalukan, karena apa yang seharusnya kita sampaikan kepada orang tertentu harus diketahui oleh pihak lain.

Bagi para mahasiswa atau anak didik, di jaman modern ini dosen/guru pun sudah memanfaatkan e-mail sebagai sarana pengiriman tugas, namun bagaimana jadinya jika e-mail tersebut salah anda kirim ke orang lain? pastinya akan sangat berbahaya sekali bukan. Belum lagi jika kamu ingin mengirim e-mail ke pacar atau sahabat dan justru salah kamu kirim ke guru/dosen, tentunya sangat memalukan bukan?.

Namun saat ini anda tidak perlu khawatir lagi memikirkan hal tersebut, karena saat ini Google telah resmi merilis fitur terbaru  dari Gmail, dengan tajuk “UndoSend”. Fitur terbaru Google ini diklaim sebagai fitur terbaik Gmail yang telah melalui berbagai tahap pengujian selama bertahun-tahun lamanya. Dan setelah penantian panjang tersebut, saat ini fitur Undo Send tersebut pada akhirnya dapat dinikmati oleh semua pengguna Google email.

undo send

Enam tahun dalam versi beta yang dipublikasikan melalui blog Google Update, kini bukan hanya sekedar pajangan saja, karena saat ini kita sudah bisa menikmati fitur tersebut. bagi mereka para pengguna Google yang telah memiliki UndoSend yang aktif, fitur tersebut secara otomatis akan tetap menyala. Sedangkan bagi anda yang belum memiliki UndoSend yang aktif maka anda bisa mengaturnya melalui tab General di bawah menu Settings.

Bagi anda yang masih bingung, berikut saya akan berikan penjelasan singkat cara mengaktifkan fitur Undo Send di Gmail:

1. Login terlebih dahulu di Gmail menggunakan akun anda

2. Disebelah kanan atas klik Gambar Settingan kemudian klik lagi “Settings“.

mengakses menu settings gmail

3. Di Tab “General” scroll kebawah sampai menemukan menu “Undo Send“. Kemudian centang “Enable Undo Send“. Dan setelah itu atur lamanya waktu email bisa di cancel di “Send Cancellation Period“.

cara mengaktifkan fitur undo send di gmail

Ketika masa peluncurannya di tahun 2009 lalu, UndoSend hanya mampu menunda message sending e-mail selama lima detik saja, namun kini fitur tersebut telah diperbaharui sehingga kamu bisa menunda pengiriman e-mail selama selama 5, 10, 20, atau 30 detik. Namun sayangnya saat ini Undo Send Gmail pada versi smartphone,belum bisa anda nikmati.

Namun anda tidak perlu khawatir, karena Google berjanji akan merilis fitur ini di berbagai versi smartphone dalam waktu dekat. Nah, ayo buruan aktifkan fitur Undo Send Gmail kamu, sehingga bisa menghindarkan anda dari kesalahan pengiriman pesan.