Diantara kita biasa menyantap mie dengan nasi, alasannya adalah kalo belum makan nasi belum disebut makan, namun ada hal penting yang harus diketahui apalagi saat ini sedang dalam program diet hal ini sangat dilarang, yaaa walau kita tau mie dan nasi itu sangat nikmat dimakan berbarengan, Mie sendiri pun dilarang untuk sering dimakan kenapa? karena mie dapat membuat perut buncit pokoknya kalian yang lagi diet tapi selalu menyantap mie dijamain diet kalian gagal total. nah mulai sekarang harus mulai menjaga kesehaatan yaa dengan tidak menyantap mie berlebihan.

makan-mie-instan

Kandungan garam dan MSG yang sangat tinggi membawa pengaruh yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Jika memang ingin mengkonsumsi mie baiknya dibatasi satu atau dua minggu sekali saja atau dikombinasi dengan sayur-saruan. Sejumlah peneliti di Amerika Serikat juga pernah melakukan penelitian soal efek kurang baik bagi kesehatan jika mie dikonsumsi terlalu sering, sekitar 3 hingga 4 kali sepekan.konsumsi yang sering itu dapat menaikkan resiko sindrom kardiometabolik. Karena selain pengawet, katanya, ” Mie itu memiliki unsur kimia yang disebut sebagai bisphenol A.” Unsur itulah yang menganggu cara kerja hormon. Karena itu dia mengimbau agar tidak terlalu sering mengkonsumi mie.

Dalam beberapa kemasan mie, ada yang mengandung 310 kalori atau setara dengan satu porsi nasi ukuran sedang lengkap dengan lauk pendukung.  Tapi ada juga beberapa mie yang kadar kalorinya di bawah jumlah itu.  Jadi jika satu porsi mie yang kalorinya tinggi ditambah dengan seporsi nasi, maka asupan kalori dalam tubuh dapat mencapai 600-700 kalori, meski kebutuhan kalori harian manusia 2000, jika terlalu sering bisa bikin tubuh melar.

Mari kita bandingkan kalori yang terdapat pada mie instan dan nasi dengan berat yang sama. Sajian mie instan sebanyak 70 gram atau satu kemasan, terhitung mengandung 370 kalori. Sementara, nasi putih dengan berat yang sama, hanya mengandung 91 kalori. Ternyata kandungan kalori mie instan lebih dari tiga kali lipat nasi. Hal ini membuat kemungkinan mie instan menyebabkan tubuh lebih cepat gemuk, jika dibandingkan nasi.

Gimana? sudah paham kan kenapa tidak boleh menggabungan nasi dan mie saat makan, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *