IndiHome merupakan layanan Telkom yang menghadirkan jaringan internet, telepon, dan TV interaktif. Melalui layanannya tersebut, Telkom berharap bahwa nanti para pengguna telepon rumahan akan dapat pula memanfaatkan TV dan internet melalui jaringan yang sama dengan telepon.

Minggu-minggu terakhir ini kita dihebohkan dengan berbagai macam pemberitaan mengenai IndiHome. Layanan jaringan fiber yang disediakan oleh salah satu BUMN bernama Telkom ini menuai amarah dari penggunanya akibat perubahan tarif dan paket yang dinilai sepihak tanpa pemberitaan lebih lanjut.

IndiHome, Mengubah Harga dan Paket

Selama satu bulan pertama setelah IndiHome melakukan promosi secara besar-besaran mengenai paket mereka, ada banyak sekali masyarakat yang bergabung. Sayang sekali menjelang akhir bulan Januari dan awal bulan Februari ini, akhirnya para pengguna IndiHome mulai melayangkan beragam komplain akibat mereka merasa bahwa pihak Telkom mengubah harga dan paket dari IndiHome secara sepihak.

Perubahan Sepihak dari IndiHome

Salah satu pengguna bernama Katsuo Ono membuat sebuah petisi online di website berjudul Telkom yang semena-mena terhadap pelanggan, merubah kebijakan Promo dengan sebelah pihak, memunculkan bara api yang semakin panas di antara netizen. Perubahan tersebut meliputi perubahan paket internet unlimited tanpa FUP menjadi unlimited dengan FUP. Selain itu, ia juga menyayangkan hilangnya beberapa stasiun TV yang sebelumnya sudah dijanjikan oleh pihak Telkom.

Q IndiHome

Sebenarnya, bukindihome-3an Telkom saja yang memanfaatkan situasi seperti ini. Dari dulu sudah banyak kasus perubahan peraturan oleh pihak penyedia karena memang mereka sudah menyertakan peraturan tersebut pada FAQ dan EULA yang diberikan kepada pengguna. Biasanya, pengembang akan mencantumkan sebuah poin di peraturan tersebut yang menyatakan bahwa user setuju untuk memberikan penyedia jasa kewenangan untuk mengubah setiap paket dan fitur yang ada secara sepihak.

Kebijakan Berlangganan Indihome

Banyak pelanggan yang tidak menyadari bahwa Telkom memberikan peraturan yang sebenarnya jelas mengenai siapa saja yang ingin behenti menggunakan layanan fiber tersebut. Melalui FAQ yang dikeluarkan di situs resmi IndiHome, mereka berkata bahwa “Bila pelanggan memutuskan berhenti berlangganan, maka perangkat Telkom yang terdapat di pelanggan akan diambil kembali oleh pihak Telkom”. Semua itu termasuk router, kabel, dan segala hal yang berhubungan dengan koneksi IndiHome. Tapi apakah tidak bisa dikembalikan ke jaringan semula sebelum terkoneksi IndiHome?

Kurang Teredukasi Atau Kurang Transparan?

Apakah memang benar mereka kurang teredukasi mengenai sistem IndiHome yang terpasang di rumah mereka, atau kasus ini muncul akibat tim marketing yang menjual jasa IndiHome tanpa informasi yang jelas dan transparan? Karena banyak sekali pelanggan yang komplain akibat pada awalnya mereka tidak diberitahu tentang adanya aturan ini oleh para tim marketing yang bergerilya pada saat waktu promo.

Perlu diketahui setiap featured yang ditawarkan pasti memiliki sisi kelemahan dan kelebihan namun akan lebih baik lagi kalo kita tidak hanya terfokus pada kelemahannya saja lihat kelebihannya dan kegunaannya dan pertimbangkanlah apapun yang akan kita lakukan. semoga bermanfaat

Pencarian:

  • kelemahan wms indihome (1)