Dunia modern sekarang sudah berada didepan mata, semua teknologi diciptakan dengan tujuan memudahkan setiap kegiatan  manusia. Bahkan sampai-sampai sekarang telah ditemukan sebuah teknologi yang memungkinkan anda bisa berkendara Tanpa perlu repot menyetir, Seperti Riset yang dilakukan di Tiongkok untuk membuat manusia Bisa Kemudikan Mobil Menggunakan Fikiran. Jadi proses menyetir dilakukan hanya dengan menggunakan fikiran melalui otak tanpa menggunakan tangan. Hal ini telah ditemukan oleh tim riset Universitas Nankai tiongkok yang berhasil mengerjakan proyek ini dalam kurun waktu dua tahun. Teknologi Mengemudikan Mobil Menggunakan Fikiran ini dapat dilakukan Dengan bantuan alat tambahan yang dipasangkan pada kepala agar sistem ini dapat bekerja dengan baik dan lancar. Fungsi dari alat ini adalah untuk membaca sinyal electroencephalogram EEG yang disampaikan otak melalui 16 sensor yang dipasang. Dalam demonstrasi penggunaan alat ini, seorang periset menunjukkan bagaiman mobil dapat bergerak maju ke arah depan serta mundur kembali kebelakang, mengunci pintu dan membuka pintu pun bisa dilakukan fikiran melalui alat ini. Semua proses melakukan pengereman juga bahkan dilakukan hanya dengan fikiran tanpa sedikitpun menggerakkan kedua tangan.

demonstrasi kemudikan mobil dengan fikiran

demonstrasi kemudikan mobil dengan fikiran

Cara Kerja Kemudikan Mobil Menggunakan Fikiran

Lebih menarik lagi alat yang menerapkan teori EEG ini mentransmisikan perintah dari fikiran ke komputer sebagai mekanisme mobil tanpa menggunakan kabel. Ini berarti driver atau pengemudi bisa leluasa berada di tempat duduk mana pun untuk mengendarai mobil ini. Komputer akan terhubung dengan sistem pada mobil yang kemudian membaca sinyal kemudian menerjemahkan serta mengenali perintah yang diberikan fikiran dari pengendali agar bisa menjalankannya.

Mengemudikan Mobil Pintar Dari Belakang

Mengemudikan Mobil Pintar Dari Belakang

Lantas bagaimana jika fikiran si driver melayang kemana-mana? Ahli riset teknologi dari Universitas Nankai Tiongkok menjelaskan untuk tidak perlu khawatir jika fkiran si pengemudi pergi mengembara kemana-mana. Karena untuk memberikan perintah pada kendali ini tidak memerlukan konsentrasi yang besar. Cukup dengan mengerti alur dan cara kerjanya dengan menggunakan fikiran Hasil riset ini di tujukan untuk mereka yang memiliki cacat tubuh karena tidak bisa mengendarai kendaraan atau mobil menggunakan fisik mereka. Dengan adanya riset ini diharapkan mereka bisa menyetir untuk kedepan-nya hanya menggunakan fikiran tanpa bantuan orang lain.
Tim Riset melakukan setting untuk mobil pintar

Tim Riset melakukan setting untuk mobil pintar

Saat ini teknologi Kemudikan Mobil Menggunakan Fikiran ini masih belum memungkinkan untuk digunakan karena masih dalam bentuk prototype, atau masih diperlukan riset lanjutan atau integrasi antara komputer sebagai media pemroses dan pengendali pada mobil. Belum ada kabar yang jelas kapan teknologi ini akan dikomersialkan. Diharapkan dengan adanya teknologi ini di masa depan dapat membantu banyak penderita cacat fisik dalam bertransportasi. Semoga mobil ini bisa segera dipasarkan yah, sehingga kita bisa mengendarai mobil tanpa perlu capek-capek lagi menyetir dan mengerem. Tapi jangan sampai teknologi yang manfaatnya untuk membantu manusia malah memperbudak anda. Jadi bijaklah dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi.

Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me

Ahmad Shafar Dwi Cahyo

Penulis artikel at asafaharu
sekedar menjalankan hobi
Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me

Latest posts by Ahmad Shafar Dwi Cahyo (see all)