Smartphone yang biasa ditemukan dan yang beredar di pasaran selalu memiliki penampilan layar yang unik dan berbeda seperti ada yang tipis yang tebal dan pastinya layar yang ada itu semuanya datar ada juga yang memiliki layar sedikit melengkung namun itu hanya dimiliki oleh Galaxy S6 Edge saja. Seiring berkembangnya teknologi khususnya dalam bidang gadget atau smartphone, kini talah hadir Smartphone dengan layar yang bisa ditekuk, terdengar cukup aneh namun ini nyata layar yang dimilik oleh smartphone ini fleksibel sekali.

Prototipe smartphone yang dapat ditekuk dan mengkombinasikan layar FOLED seluas 6 inci dangan resolusi HD 720p memiliki kemampuan multitouch dan sensor yang dapat menentukan berapa banyak layar dapat dibengkokkan dikenal dengan ReFlex atau Revolutionary flexible.

Queen’s University Human Media Lab telah meresmikan untuk melaunching fitur RefFlex yang menggunakan layar fleksibel dengan beberapa fitur, misalnya  halaman online akan membolak-balik dari kanan ke kiri seperti sedang membalik halaman buku di dunia nyata, dilakukan sambil menekan sisi kanan layar.

2201_1455795568_3

Pada smartphone prototipe menjalankan OS Android 4.4, pra-instal pada prototipe, dan yang paling uniknya lagi layar fleksibel smartphone ini mencoba untuk tetap realistis, dan berpegangan pada hukum fisika .Misalnya, semakin layar ditekuk ,maka  semakin cepat halaman e-book akan membalik.

Dalam bermain game hal ini juga berlaku, contoh ketika bermain game Angry Birds dimana akan melesatkan ketapel dengan menekuknya makan ketapel akan ketarik dan akan meluncurakan karakter burung yang disebut Angry Bird itu dengan sempurna, sehingga bermain game semakin seru dan mudah.  Dengan menggunakan umpan balik haptic, pengetatan katapel akan lebih dirasakan bagai kenyataan, atau juga halaman menjadi sebuah e-book yaang keren pastinya. Umpan balik juga sangat memungkinkan untuk menavigasi lokasi tempat kita berada pada dokumen secara online tanpa melihat layar.

flexible smartphone designboom

flexible smartphone designboom

Pada sebuah acara konvensi Belanda yang memilliki tema utama interaksi antara komputer dan manusia hari ini akan di launching dan akan diperkenalkan ReFlex smartphone prototipe yang keren dan unik ini. Para pengerjaan perangkat ini pun mengatakan bahwa itu adalah lima tahun lamanya untuk tersedia secara komersial, sehingga mereka lebih merasa lega dan senang, mereka berharap semoga semua berjalan lancar dalam launching pertama smatphone ini.