Ada berbagai kesalahan yang sering ditemukan pada saat seseorang memilih earphone atau headphone. Dimana hal ini akan membuat anda menyesal kemudian. Jadi sebelum memutuskan untuk membeli headset anda bisa membaca ulasan dibawah yang telah dirangkum oleh tim Teknosional.com.

  1. Ada Harga Ada Barang

Sepertinya hal ini berlaku untuk semua barang, dengan harga yang terbilang tinggi sudah seharusnya kualitas dan performa sebuah earphone berbanding lurus. Harga tinggi  pasti memberikan jaminan akan kualitas yang baik pada setiap material earphone itu sendiri. Tetapi masalah kualitas suaranya belum ada yang tahu bukan, dengan anda mengeluarkan dana yang tinggi untuk membeli material bagus, belum tentu membuat anda puas dengan kualitas suara yang dikeluarkan earphone itu. bisa dibilang harga belum tentu menjadi jaminan kualitas suara yang bagus dari sebuah earphone. Jika anda hendak membeli earphone maka cobalah dulu menggunakannya. Karena harga mahal belum tentu lebih baik dengan yang murah meriah.

  1. Earphone Mahal tetapi Kualitas Musik Rendah

Anggap saja anda memiliki sebuah earphone dengan harga yang tebilang tinggi dan berkelas, jika musik yang anda dengar memiliki kualitas yang jelek, sungguh di sesalkan bukan. Jelas format digital musik yang populer dan paling sering digunakan saat ini adalah MP3. Dengan memberikan bermacam variasi bitrate yang berfungsi mengatur kualitas suara yang dihasilkan, berbanding lurus pada besar ukuran file (lossy). Jika anda memiliki sebuah earphone dengan harga misalkan lima ratus ribu rupiah, namun anda mendengarkan musik atau mp3 dengan bitrate kecil. Semua fitur pada earphone tersebut tidak akan memberikan efek malah mungkin tidak berfungsi.

  1. Belilah Earphone Sesuai Kebutuhan dan Aktivitas

Headphone dan earphone hadir dengan berbagai jenis dan bentuk menyesuaikan pada setiap aktifitas yang di butuhkan. Gunakanlah perangkat apa pun sesuai dengan aktivitas dan perangkat yang pas. Pikirkanlah jika anda menggunakan sebuah earphoneyang tidak tepat saat kamu berolahraga atau berkendara. Bukannya membuat relaksasi malah akan menimbulkan kesulitan dan kerepotan. Cobalah menyesuaikan headset dengan waktu dan tempat. Misalnya tidak menggunakan Headphone terutama headphone yang memiliki kabel panjang pada saat berkendara dan berolahraga.

  1. Headphone dengan Noice-Cancelling Tidak Selalu Bagus

Noice-canceling dikabarkan dapat membuat kualitas sebuah audio jadi turun dan bahkan dapat menghilangkan beberapa nada dari lagu. selain itu, karena memiliki fitur yang dapat menurunkan suara dari lingkungan sekitar, membuat headphone ini terbilang berbahaya jika digunakan ketika berkendara karena akan menurunkan refleks atau tingkat waspada seseorang.

  1. Tertipu dengan Produk Abal-Abal Saat Memilih Earphone

Jangan sampai anda salah kaprah, memilih earphone dengan harga tinggi belum tentu akan menyuguhkan produk dengan kualitas asli dan baik. Ada berbagai kasus yang muncul dimana seseorang membeli earphone dengan harga mahal, apalagi menggunakan jasa toko online yang berakhir mendapatkan produk earphone palsu. Tidak tanggung-tanggung produk palsu ini dengan jelas mencatut nama brand ternama dengan box yang sedemikian rupa sehingga tidak kelihatan berbeda dengan produk aslinya. Merk yang seringkali digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab ini biasanya seperti apple dan beats audio yang bisa dibilang sangat mudah untuk di dapatkan di pasaran dengan bentuk yang bervariasi dengan kualitas yang juga bervariatif.

Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me

Ahmad Shafar Dwi Cahyo

Penulis artikel at asafaharu
sekedar menjalankan hobi
Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me

Latest posts by Ahmad Shafar Dwi Cahyo (see all)