Bagi pemilik ponsel berbasis Android atau smartphone tentu sudah pernah mendengar tentang root atau rooting. Banyak para pemilik ponsel Android melakukan rooting, namun banyak yang tidak mengerti apa arti dari rooting itu sendiri. Root merupakan satu user yang memiliki ijin untuk mengubah atau memanipulasi file lebih besar daripada user biasa. Intinya proses root adalah membuat OS Android memiliki hak akses root. Banyak pengguna smartphone melakukan Root Android agar lebih mudah dalam menginstall berbagai aplikasi.

Sebenarnya OS Android pada umumnya tidak memiliki user root. Hal itu memang tidak disarankan oleh vendor smartphone karena ada beberapa kerugian yang akan ditimbulkan dari proses rooting. Jika smartphone Anda sudah dilakukan proses rooting, maka keuntungan yang akan didapat diantaranya :

Keuntungan Rooting Android

root-android

Dapat Menghapus Aplikasi di Memori Internal

Beberapa aplikasi bawaan dari ponsel memang sulit untuk dihapus, padahal tidak semua aplikasi penting untuk Anda. Untuk menghapusnya memang sulit, namun dengan proses rooting maka semua aplikasi di memori internal dapat kita hapus. Namun ada satu aplikasi yang tidak boleh Anda hapus yaitu Phone.apk dikarenakan aplikasi ini adalah aplikasi standard an sangat penting di sistem Android. Cukup hilangkan aplikasi yang sekiranya tidak bermanfaat.

Dapat Dilakukan Diskustomisasi

Melakukan kustomisasi memang sangat mengasyikkan namun harus berhati-hati dan jangan sembarangan. Jika Anda belum begitu paham mengenai kustomisasi cobalah untuk mencari referensi terpercaya di internet. Untuk meningkatkan kinerja ponsel seperti penghematan baterai dan kompabilitas terhadap aplikasi cobalah untuk mengunduh OS Mod. Dengan aplikasi tersebut maka berbagai aplikasi bisa bebas Anda install.

Lebih Mudah dan Leluasa Dalam Mengatur Penyimpanan Data

Satu keuntungan dari proses Root Android adalah lebih leluasa dalam mengatur penyimpanan data do memori internal. Anda bisa dengan mudah memindahkan data dan aplikasi dari kartu memori ke memori internal.

Itulah beberapa manfaat dari proses Root Android. Sebenarnya masih ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, namun tiga manfaat itulah yang bisa langsung Anda rasakan.