Pulau Jawa, biasanya merupakan daerah dimana segala sesuatu berpusat. Mulai dari pemerintahan, pengambangan pembangunan, baik di kerjakan oleh Pemerintah maupun swasta biasanya berpusat di sana. Namun nyatanya saat ini banyak orang membuat gebrakan lain yang membuat asumsi masyarakat terhadap Pulau Jawa adalah pusat segala hal di Indonesia terkubur sudah.

Salah satu yang mengejutkan adalah gebrakan yang dibuat oleh Berca Hardaya perkasa, merupakan salah satu instansi swasta yang bergerak dalam bidang jaringan. Berca saat ini telah berhasil merilis  layanan internet 4G LTE khusus untuk luar Pulau Jawa yang diberikan nama Hinet.

Bagi masyarakat yang berada di Pulau Jawa, nampaknya tidak mungkin bisa menikmati layanan internet 4G LTE Hinet, karena memang layanan tersebut hanya ditujukan untuk masyarakat luar Pulau Jawa.

hinet 2

Sebenarnya, layanan yang diberikan oleh Berca ini bukanlah sebuah kesengajaan, pasalnya perilisan Hinet di luar Pulau Jawa ini merupakan akibat dari lelang frekuensi di tahun 2009. Dimana kala itu Berca kalah dalam persaingannya melawan First Media yang sama sama berkiprah pada gelombang 2,3GHz. Oleh karena itu, pada akhirnya Berca memperoleh jatah frekuensi 2,3Ghz yang berada di kawasan Kalimantan, Sulawesi bagian selatan, Sumatera bagian selatan dan tengah, Bali serta Nusa Tenggara.

Untuk mengawali langkah perdananya di luar Pulau jawa, Berca kemudian meluncurkan koneksi 4G LTE miliknya sementara waktu untuk tiga kota, yakni Bali, Makasar dan juga Pekanbaru. Meski disediakan khusus untuk masyarakat luar Pulau Jawa,  namun anda jangan meremehkan kecepatan akses internet 4G LTE Hinet besutan Berca tersebut. Pasalnya koneksi yang ditawarkan oleh layanan tersebut, diklaim memiliki kualitas tinggi.

Berca, menyebutkan bahwa koneksi layanan Hinet yang dimikinya mampu berlari dengan kecepatan mencapai 125Mbps. Teknologi 4G LTE yang digunakan oleh Berca ini, merupakan teknologi yang telah melalui serangkaian tahap pengembangan dan juga uji kelayakan dalam kurun waktu beberapa tahun  terakhir ini. Selain itu meski masih mengoperasikan koneksinya di tiga kota, Berca telah berhasil mempunyai sebanyak 400 unit BTS.