Berbagai software dan aplikasi dibuat untuk memudahkan pengguna dalam kegiatan sehari-hari. Tidak hanya di komputer saja, tetapi untuk ponsel juga terdapat aplikasi yang berguna untuk pemiliknya. Ada satu aplikasi yang mungkin belum pernah Anda dengar yakni Android Studio. Satu program yang bisa diterapkan pada ponsel android dan komputer ini digunakan untuk membuat, satu aplikasi. Tentu saja untuk bisa menjalankan program ini di komputer atau ponsel harus dilakukan proses instalasi terlebih dahulu. Untuk proses Install Android Studio di komputer terbilang lebih sulit daripada ponsel.

Sekedar informasi bahwa Android Studio menggunakan perintah command line jadi penggunanya harus menulis code di setiap aplikasi yang akan dibuat.

Langkah Mudah Install Android Studio Di Komputer

download-android-studio

Sebenarnya untuk melakukan instalasi program Android Studio ini tidaklah sulit, tetapi harus diperhatikan bahwa untuk menginstall Android Studio ada perbedaan untuk versi 3 sistem operasi yakni Windows, Mac OS X, dan Linux.

Versi Windows

Setelah Anda melakukan proses download lakukan double klik ke file exe yang sudah diunduh, kemudian klik lagi program tersebut dan ikuti langkah instalasinya. Ada satu masalah yang sering muncul ketika menginstall Android Studio versi Windows yakni script aplikasi tidak bisa menemukan lokasi aplikasi Java di dalam komputer. Untuk mengatasinya Anda perlu mengatur variable untuk menunjukkan letak aplikasi Java.

Versi Mac OS X

Bentuk software Android Studio untuk sistem operasi Mac OS X berbeda dari sistem lainnya. Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum Install Android Studio adalah membuka file DMG kemudian lakukan drag dan drop ke dalam folder bernama applications. Jika nanti pada saat membuka software muncul peringatan bahwa file dalam keadaan rusak, maka Anda bisa membuka system preferences lalu pilih security & privacy dan pilih allow applications downloaded from. Setelah itu buka kembali Android Studio.

Versi Linux

Untuk menginstall software Android Studio akan terlihat lebih mudah yakni pertama Anda harus meng extrak file  alihkan ke dalam folder aplikasi Anda.

Melakukan Install Android Studio memang membutuhkan beberapa tahap yang terlihat rumit, tetapi sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah.