TLD atau Top Level Domain mungkin Anda pernah mendengarnya atau pernah membeli sebuah nama domain. Top Level Domain merupakan ektension yang ada di paling belakang sebuah domain. Kata domain tentu sudah sering Anda dengar dan untuk sebuah alamat website terdiri dari tiga bagian yakni Top Level Domain, Second Level Domain, dan Third Level. Beberapa contoh dari Top Level Domain atau TLD ini terdiri dari .net, .info, .edu, .org, .gov, dan .mil. Semua TLD tadi terdiri dari beberapa kategori website tertentu mulai dari milik pemerintah, militer, pendidikan, informasi, organisasi, dan jaringan. Banyak orang menggunakan TLD untuk meyakinkan bahwa website mereka bersifat profesional dan membantu posisi website berada di paling pertama dalam search engine. Namun, belakangan ini ada cara untuk mendapatkan Domain TLD Gratis.

Untuk membuat TLD atau memperolehnya memang dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Tetapi dengan cara mendapatkan TDL secara gratis Anda bisa lebih hemat dalam membuat blog. Lalu bagaimana langkah-langkah untuk mendapatkan domain Top Level Domain gratis?

Langkah Mudah Mendapatkan Domain TLD Gratis

Gambar 2

Mendapatkan domain gratis tentu menjadi peluang besar bagi para pembuat blog, satu kendala yang selama ini menghambat dalam proses mendapatkan domain secara gratis adalah menemukan penyedianya.

Langkah Pertama

Pertama kali, Anda harus mengunjungi provider yang sudah terbukti memberikan domain secara gratis. Setelah menemukannya isi dengan nama domain yang sudah dibuat sebelumnya dan pilih kategori TLD. Jika nama alamat blog Anda tersedia dalam artian tidak ada yang sama dengan orang lain maka bisa langsung klik order.

Langkah Kedua

Cara selanjutnya adalah dengan mengisi biodata lengkap di personal account, jika sudah mengisi data diri setting DNS yang sudah Anda persiapkan, lalu hiangkan semua tanda checklist pada opsi Use DNS Hosting Service. Setelah selesai, klik place order.

Langkah Ketiga

Jika sudah yakin, maka proses mendapatkan Domain TLD Gratis bisa dilanjutkan dengan mengecek email Anda. Jika Ada balasan email segeralah konfirmasi. Jika sudah mengirim konfirmasi cobalah untuk membuat konten artiikel baru.

Itulah beberapa langkah untuk mendapatkan Domain TLD Gratis yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.