Teknosional.com – Lightsaber adalah sebuah senjata terpopuler dalam film fiksi Star Wars. Film trilogi Star Wars tidak akan lengkap tanpa adanya “senjata elegan untuk zaman beradab” tersebut, dan ia hampir selalu muncul di berbagai medium hiburan franchise sci-fi milik Disney itu. Dengan tingkat populernya yang tinggi, pedang mainan lightsaber dibanderol dengan harga sangat tinggi. Melihat hal itu Google punya alternatif canggih dan murah.

Tentu Anda masih ingat pengumuman kolaborasi Google dengan Disney untuk mempromosikan film bergenre sci-fi Star Wars: The Force Awakens? Sesuai janji mereka, pengalaman Star Wars tak cuma diterapkan pada tampilan layanan serta app Google. Ia pun turut diaplikasikan ke fungsi hiburan. Bahkan belum lama ini Google telah merilis sebuah game kecil berjudul Lightsaber Escape, dan dengan memainkan game ini Anda bisa menguji kemahiran dalam menggunakan lightsaber.

Game dengan tema pertempuran lightsaber bukanlah sebuah hal baru, namun keunikan Lightsaber Escape terletak pada penyajiannya. Game light saber escape ink tidak menuntut proses instalasi, murni berbasis browser. Kita tidak perlu repot-repot menyiapkan perferal input khusus, karena Lightsaber Escape memanfaatkan smartphone sebagai gagang pedang laser. Penasaran ingin mencoba? Ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini.

Perlu kalian ingat bahwa game ini mengubah peran smartphone jadi lightsaber. Jadi saya sarankan sebaiknya Anda tidak memakai tablet atau device apapun yang mempunyai layar enam-inci ke atas – karena tidak nyaman dan resiko terlepas dari genggaman lebih tinggi. Sudah pilih ‘lightsaber‘ Anda? Tinggal kunjungi link Lightsaber.WithGoogle.com. Website akan loading sejenak, lalu segera muncul panduan singkat.

Setelah itu akan muncul perintah yang mengharuskan Anda membuka aplikasi Google Chrome di handset, dan masukkan link. Misalnya “g.co/lightsaber/t9ncp” tanpa tanda kutip. Kemudian, smartphone dan browser desktop akan melakukan proses sinkronisasi. Langkah selanjutnya adalah proses kalibrasi: posisikan smartphone Anda secara tegak dan tekan tombol initiate. Saya merekomendasikan agar handset berada di jarak yang pas tidak terlalu jauh dari monitor, tapi cukup leluasa bagi tangan Anda untuk mengayun.

Game akan segera dimulai saat Anda mengaktifkan tombol lightsaber dari smartphone. Pada dasarnya, game Lightsaber Escape ini mengusung formula arcade train shooting ala game Time Crisis. Namun bedanya pada lightsaber escape tidak menggunakan pistol, yang mengharuskan Anda memantulkan tembakan blaster para Stormtrooper. Game dapat diselesaikan dalam hitungan menit, dan sayangnya, tidak ada duel lightsaber di momen klimaks permainan.

Walaupun tidak ada moment duel lightsaber, namun game ini cukup menyenangkan, saat anda mengayunkan smartphone, perangkat turut mengeluarkan suara dengungan khas lightsaber