Banyak cara agar trafik dari web atau blog semakin banyak, salah satunya yaitu dengan cara mempromosikan blog lewat social media. Meskipun trafik dari social media tidak sebanyak dari mesin pencari tapi tetap bisa jadi pilihan untuk menambah pengunjung dari sebuah blog. Karena pengguna social media seperti facebook, twitter, google plus, dll selalu saja bertambah tiap harinya. Dan rata-rata semua pengguna tersebut selalu membuka akunnya untuk melihat status terbaru atau sekedar melihat foto dari teman.

Apalagi sekarang semua orang bisa terhubung melalui social media dengan menggunakan smartphone. Dimanapun dan kapanpun semua orang sudah bisa saling berkomunikasi dengan menggunakan media sosial. Jadi bukankah merupakan pilihan yang bijak jikalau anda mulai berfikir untuk melakukan social media marketing.

Jadi kita bisa mengambil kesempatan untuk menyisipkan sebuah link di social media yang menuju sebuah artikel dari blog, kemudian tinggal menunggu trafik berdatangan dari social media. Tapi anda juga harus tahu waktu yang tepat dan kondisi yang tepat untuk menaruh link di social media. Karena bisa saja orang lain menganggapnya sebagai spam.

Cara Mempromosikan Blog Lewat Social Media

  • Perbanyak Teman.

Banyak teman banyak jaringan, begitulah yang selalu orang katakan. Begitu pula jika kita berencana melakukan social media marketing, semakin banyak teman di media sosial maka semakin besar kemungkinan link yang ditanam bisa dikunjungi. Jadi mulailah ajak orang lain berteman, dan carilah cara agar anda di follow.

  • Bagikan Status Terbaru dengan Menyisipkan Link Artikel dari Blog.

Anda bisa membagikan sebuah status dengan menyisipkan link yang menuju ke artikel dari blog. Tapi sesuaikan waktu dimana teman anda ramai menggunakan sosial media. Misalkan jika pada sore hari banyak teman yang mengupdate status, maka bisa kita simpulkan bahwa banyak teman yang lagi online pada saat itu dan kemudian anda bisa membagikan link disertai dengan deskripsi di status media sosial.

Kita juga harus mencari tahu apa minat dari kebanyakan teman sosial media. Misalnya saja banyak dari teman facebook yang sering membicarakan tentang game clash of clans dalam statusnya. Maka anda bisa membuat artikel tentang clash of clans dan membagikannya di status facebook.

  • Sisipkan Artikel di Status Teman.

Anda bisa memilih untuk menyisipkan sebuah link dari status teman facebook, twitter, dll. Tapi jangan asal menaruh link, karena mereka bisa menganggapnya sebagai spam dan bisa saja mereka menghapus anda dari pertemanan. Padahal semakin banyak teman maka semakin besar kemungkinan blog mendapat trafik dari social media. Pilihlah kondisi status yang tepat untuk menyisipkan link. Berikut saya akan memberikan contoh.

Contoh Yang Salah:

Status Teman: Bantulah aku yah tuhan

Blogger: Kunjungi artikel saya tentang cara mendapatkan uang dari internet ini linknya http://****.com

Contoh Yang Benar:

Status Teman: Kenapa setelah instal bbm terbaru malah jadi lemot

Blogger: Itu karena memang banyak tipe bb yang tidak cocok dengan bbm versi terbaru, langsung downgrade aja ini linknya http://****.com

Jadi kesimpulannya anda tidak boleh sembarangan menitip link di status teman. Sesuaikan status teman dengan link yang akan dibagikan agar tidak dianggap sebagai spammer.

  • Buatlah Sebuah Fans Page dari Blog Anda.

Dengan adanya Fans Page maka anda bisa memiliki halaman resmi dari blog, dimana pengunjung akan selalu mendapatkan pemberitahuan dan pembaruan terbaru melalui social media. Jadi setiap ada update dari blog, anda bisa membagikannya di sosial media saat itu juga.

  • Gabunglah Dengan Grup Yang Sesuai Dengan Niche Blog Anda.

Anda juga bisa bergabung dengan Grup di Sosial Media sebagai sarana untuk mempromosikan blog. Pastikan bergabung dengan grup yang sesuai dengan niche blog. Anda bisa menitipkan link di status grup tersebut secara bijak. Dalam artian jangan sembarang memasang link, tapi sesuaikan dengan kondisi dan keadaan. Tapi alangkah baiknya sebelum memasang link berikan saja informasi dalam bentuk status atau catatan tanpa link agar orang bisa mengenal anda dalam grup tersebut. Setelah nama anda cukup dikenal dalam grup tersebut anda bisa sekali-kali memberikan link menuju artikel blog yang sesuai dengan pembahasan di grup tersebut. Jika nama anda cukup dikenal maka itu akan menjadikan link yang anda bagikan sebagai referensi terpercaya. Jika ada yang bertanya dalam grup tersebut, anda bisa menshare link artikel blog sesuai pertanyaan. Dan jika yang ditanyakan artikelnya tidak tersedia di blog, maka anda bisa mempertimbangkan untuk membuat artikel dari pertanyaan tersebut. Tapi jangan selalu menitipkan link di setiap pertanyaan, karena bisa-bisa mereka menganggapnya sebagai spam.