Ada berbagai cara untuk mengubah file berupa video menjadi gambar animasi grafik bergerak atau GIF. Kita bisa menggunakan konverter online, aplikasi untuk pc dan juga bisa mengconvert dengan aplikasi android. Semua cara convert cukup mudah, karena setiap proses berjalan secara otomatis. Cukup memasukkan file berupa video maka format dan tampilannya akan berubah dengan sendirinya. mengubah video menjadi animasi

Cara Convert Video Menjadi GIF

Seperti yang saya katakan di atas ada berbagai cara yang bisa di lakukan untuk mengubah format video menjadi gif. Berikut saya akan jelaskan lebih detailnya.

Mengubah Video Menjadi GIF Dengan Converter Online (Tanpa Aplikasi)

Sudah banyak hal yang bisa dilakukan secara online, tidak terkecuali dengan mengubah format dan ekstensi gambar ataupun video. Sudah ada berbagai situs yang menyediakan hal tersebut. Berikut beberapa web yang bisa di coba untuk membuat gambar dengan ekstensi gif. 1. http://image.online-convert.com/convert-to-gif Situs Ini adalah salah satu converter online favorit dari para netter. Karena dengan menggunakan tools di situs ini, akan mudah mengubah ekstensi file. Selain itu ada pula settingan tambahan yang bisa diterapkan untuk fie gif nantinya. Seperti mengubah ukuran gambar, warna dan juga pengaturan lainnya. Anda pun bisa mengubah file yang berada di tempat penyimpanan online dropbox. 2. imgflip.com/gifgenerator Dengan menggunakan situs ini, anda dapat mengubah video menjadi gif dengan dua cara. Yaitu dengan mengupload file layaknya situs lain. Dan juga hanya dengan memasukkan link dari video yang ingin diubah ekstensinya. Anda bisa mengubah video dari youtube, dan juga dari situs video sharing lainnya. 3. http://ezgif.com/video-to-gif Selain menyediakan tools converter video ke gif, ezgif.com juga menyediakan berbagai tools untuk mengoptimasi file gif, Seperti gif optimizer, gif resize, gif effects dan lainnya. Selain itu anda juga bisa menciptakan sendiri file gif dari beberapa gambar. 4. http://www.zamzar.com Situs ini menyediakan convert dengan upload file dan juga dengan memasukkan link dari situs video sharing. Tampilan webnya mungkin memang sederhana, namun anda bisa mendapatkan hasil gambar gif yang bagus dari video.

Mengubah Video Menjadi GIF Dengan Aplikasi Offline

Dengan menggunakan aplikasi, maka anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak kuota untuk sekedar mengupload file. Apalagi jika banyak video yang ingin diubah menjadi gif. Terlebih lagi akan ada berbagai fitur lebih yang diberikan oleh developer aplikasi. Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menghasilkan gambar grafik bergerak. 1. Free Video to GIF Converter Free video to gif converter adalah sebuah aplikasi freeware yang dapat mengubah video menjadi file gif. Adapun video yang support antara lain MPEG, WMV, MOV, FLV, AVI, MP4, 3GP, VOB, dll. Aplikasi ini cocok untuk membuat animasi gif avatar, screensaver untuk ponsel, atau juga untuk ditambahkan di signature forum. 2. Format Factory Format Factory merupakan aplikasi konverter media multifungsi yang hampir mendukung semua ekstensi video, audio, ataupun gambar untuk di ubah ke format lain. Selain itu aplikasi ini bisa memperbaiki video ataupun audio yang mengalami kerusakan dan juga mengurangi besar kapasitas ukuran file. 3. Instagiffer Instagiffer adalah aplikasi pembuat gambar gif dari video upload, link situs sharing dan yang lainnya. Aplikasi ini gratis, tanpa ada iklan, spyware atau juga watermarks. Selain itu fitur lainnya dari aplikasi ini yaitu mampu membuat file gif yang berkualitas dengan ukuran dibawah 1MB. 4. GifCam Dengan aplikasi ini pembuatan gambar grafik bergerak akan lebih mudah. Selain mendukung video to gif, aplikasi ini juga bisa merekam layar dengan ekstensi gif. Gifcam juga bisa mengatur frame per second untuk pembuatan animasi.

Mengubah Video Menjadi GIF di Ponsel Android

Untuk mengubah file video dengan menggunakan ponsel android juga sama mudahnya jika menggunakan pc. Karena sudah ada beberapa aplikasi yang tersedia di Play Store untuk memudahkan hal ini. Jadi kapanpun anda bisa mengubah video yang terdapat di smartphone menjadi gif. Adapun aplikasi yang bisa digunakan yaitu: 1. Video To GIF Video to Gif merupakan aplikasi buatan Keerby yang bisa di download secara gratis di Google Play. Ada berbagai fitur andalan yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Diantaranya pengubah ukuran gambar, menambahkan effect, menambahkan gift, dll.