Sotaru Iwata selaku CEO Nintendo menjelaskan pencapaian perusahaan  Nintendo yang di pimpin-nya selama lima tahun terakhir pada bulan maret 2015 lalu. Beliau menjelaskan secara terperinci mulai dari keuangan yang telah anjlok selama empat tahun lalu hingga memperoleh kembali laba saat ini. Dengan angka penjualan hingga 19 juta unit Nintendo 3Ds di jepang cukup menjelaskan akan keuntungan yang telah di peroleh perusahaan ini, ditambah dengan jumlah permintaan yang tinggi untuk console handheld Nintendo terbaru dari berbagai pasar di luar Jepang. Yang sangat menarik dari semua itu adalah saat CEO Nintendo mengulik sedikit akan rencanya untuk menjadikan Nintendo sebagai Platform Mobile ke depannya.

Dalam penjelasan tersebut dikatakan bahwa akan ada setidaknya lima game Mobile yang direncanakan akan di rilis sebelum bulan april 2015 oleh Nintendo dan DeNA sebagai Partnernya. Ada rumor yang mengatakan bahwa Salah satu dari lima game yangd tersebut, akan mulai di rilis akhir tahun ini. Tidak ada kejelasan tentang ciri-ciri ataupun karakter yang akan di hadirkan dalam game mobile yang sedang mereka Garap ini. Meski demikian, Iwata juga menegaskan bahwa semua karakter lawas yang menjadi properti intelektual Nintendo akan kembali hadir dalam Platform Mobile.

Nintendo Platform Mobile

Iwata juga menjelaskan bahwa game yang dirilis untuk versi smartphone ini bukan game Nintendo versi lawas yang mendapatkan Porting. Dia berpendapat bahwa gadget portable bukan sebuah perangkat yang cocok untuk menjalankan koleksi game yang di rilis dalam berbagai Console nintendo.

Nintendo Platform Mobile Jembatan Pemasaran nintendo Console

Tujuan utama dari kombinasi dua perusahaan besar Nintendo dan DeNa bukanlah untuk mengarahkan minat pada game khusus smartphone yang menggunakan intelektual milik Nintendo, sambil memberikan gambaran yang lebih luas terhadap character yang dicintai melalui smartphone. Dengan demikian, beliau berpendapat bahwa dengan adanya game Nintendo di smartphone akan menjadikan suatu jembatan bagi para pencinta Game Nintendo untuk  kembali berminat dan kemudian membeli Nintendo Console agar mendapatkan fasilitas premium dalam memainkan game kesayangan mereka.

Terlihat jelas bahwa pihak Nintend0 tidak setengah-setengah dalam menggarap dan merealisaiskan terget ini. Dalam sebuah situs berita jepang yang dikutip Teknosional, disebutkan bahwa salah seorang produser game yang pernah terlibat dalam serial Mario Kart di angkat sebagai pimpinan penggarapan game yang akan datang. Dari segi organisasi terstruktur menyesuaikan dengan proyek pengembangan platform mobile sehingga diharapkan bisa bersaing dalam dunia game yang kian ketat.

Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me

Ahmad Shafar Dwi Cahyo

Penulis artikel at asafaharu
sekedar menjalankan hobi
Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me

Latest posts by Ahmad Shafar Dwi Cahyo (see all)