Cara Mengatur Auto Publikasi Konten ke Sosial Media Secara Otomatis – Publikasi isi konten suatu blog ke dalam media sosial seperti G+, twitter maupun FB akan membantu mendongkrak popularitas konten anda tentunya sekaligus bisa mendapatkan backlink dari berbagai situs dengan page rank tinggi, ini karena pada umumnya sosial media memiliki PR tinggi. Untuk melakukan publikasi secara manual pada sosial media terbilang sangat merepotkan, terutama jika target nya ke banyak sosial media. Jika ada suatu cara untuk publikasi konten secara otomatis tentu akan sangat membantu dan mempermudah dalam melakukan promosi blog anda.

Permasalahan yang sering muncul bagi seorang pemula adalah terkadang tidak tahu bangaimana cara publikasi konten blog secara otomatis ke sosial media tersebut. Dan inilah yang akan coba kami ajarkan penggunannya disini

Sebenarnya jika anda memiliki sebuah blog dengan platform WordPress maka untuk melakukan hal tersebut secara otomatis sangatlah mudah, anda hanya perlu menggunakan sebuah plug in. Karena WordPress memang menyediakan sangat banyak sekali plug in untuk mempermudah pengguna-nya. Namu jika anda pengguna platform blogger untuk membuat publikasi konten secara otomatis ke sosial media hanya dimungkinkan ke akun G+ saja.

Cara mengatur auto publikasi konten ke sosial media untuk blogger / blogspot

Harus anda pahami untuk platform blogger, anda Cuma bisa melakukan setting satu akun G+ saja untuk posting otomatis. Bisa dengan menggunakan akun G+ pribadi atau juga G+ page. Langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama silahkan login ke blogger.com milik anda
  • Pada menu Google + anda akan di arahkan masuk ke dalam pengaturan publish.
  • Pilih akun Google + yang digunakan untuk membagikan konten secara otomatis setelah posting lalu centang.
Cara Mengatur Auto Publish Konten ke Sosial Media Secara Otomatis Blogger

Cara Mengatur Auto Publish Konten ke Sosial Media Secara Otomatis Blogger

Dengan melakukan setting di atas maka anda telah melakukan publikasi secara otomatis ke akun sosial media Google +.

Cara mengatur auto publikasi konten ke sosial media pada WordPress

Sebenarnya WordPres sendiri telah memiliki banyak Plug in yang memudahkan anda untuk melakukan Posting Ke banya Sosial Media. Namun untuk kali ini yang akan dibahas adalah Plug In Jetpack karena disebut memiliki fitur yang terbilang Lengkap. Dengan Plug in jetpack anda bisa melakukan publikasi konten blog dengan otomatis ke berbagai media sosial seperti Google+, Tumbler, Path, Twitter, Facebook, LinkedIn. Namun tidak semua bisa menggunakan akun sosial media pribadi, misalkan seperti Facebook hanya bisa melakukan publikasi pada akun  Fans Page saja kedalam pengaturan.

Langkah-langkah yang di lakukan diantaranya:

  • Download dan instal plugin jetPack kemudian aktifkan. Untuk langkah aktifasi anda akan diminta menghubungkan akun WordPress dengan Jetpack. Silahkan buat secara gratis pada WordPress.com jika anda belum mempunyai akun WordPress.
  • Kemudian aktifkan fitur publikasi Jetpack
  • Silahkan Konfigurasi futur publikasi.
  • Disana akan ada berbagai ikon sosial media. Klik salah satu akun untuk melakukan setting maka anda akan dibawa ke laman penghubung akun sosial media tersebut. Untuk mendapatkan otoritasi bahwa anda pemilik akun tersebut. Dari sini silahkan ikuti setiap perintah kemudian pilih save.
Cara Mengatur Auto Publish Konten ke Sosial Media Secara Otomatis WordPress

Cara Mengatur Auto Publish Konten ke Sosial Media Secara Otomatis WordPress

Untuk Google+ silahkan atur privacy menjadi “ Public” agar postingan bisa di publikasikan ke umum dan bukan hanya pada akun anda saja.

Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me

Ahmad Shafar Dwi Cahyo

Penulis artikel at asafaharu
sekedar menjalankan hobi
Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me