Setiap Gadget atau smarthphone saat ini selalu dibekali dengan memori eksternal sebagai perangkat untuk menyimpan berbagai data tambahan pada perangkat-perangkat ini. Sebelum membeli gadget atau smarthphone pun anda pasti akan mencari tahu apakah terdapat slot memory eksternal pada perangkat itu. Permasalahannya adalah apakah anda tahu bahwa bermacam-macam jenis SD Card? Dilihat dari segi kualitas bahkan ada juga SD Card asli atau Palsu. Bisakah anda membedakan mana SD Card Asli dan palsu tersebut?

Bedakan SD Card Asli atau Palsu Dari Tampilan Fisiknya

Jika dilihat dari segi fungsi atau kegunaannya memang kedua SD Card ini tidak memiliki perbedaan, yaitu digunakan sebagai penyimpanan data digital. Layaknya sesuatu barang yang KW atau palsu, SD Card ini akan sering menampak-kan berbagai masalah di kemudian hari, biasanya sering terlambat saat transfer data, tak terbaca oleh perangkat dan juga yang paling sering adalah corupt nya beberapa data saat melakukan transfer.

Dengan memeriksa bagian fisik, perhatikan apakah SD Card ini menggunakan sticker atau cetakan Pada permukaan SD Card itu sendiri. Sd card yang asli yang sering ditemukan menggunakan cetakan pada bagian permukaanya dan bukan menggunakan stiker atau tempelan yang dipasang hanya sebagai simbol saja. Jika ada Sd Card asli yang menggunakan stiker, akan ada hologram yang timbul pada sticker tersebut.

Gunakan Aplikasi ini Untuk Membedakan SD Card Asli atau Palsu

SD Insight merupakan  suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk membedakan kartu memori anda apakah asli atau palsu. SD Insight ini bisa kamu unduh secara gratis di Play Store. Aplikasi ini akan memberikan seputaran info SD Card yang anda gunakan, dengan begini anda bisa memeriksa isi dan kualitas dalam SD Card yang anda miliki tersebut.

SD Card Asli Atau Palsu

Hanya dengan meng-instal SD Insight dari Playstore. Selanjutnya, anda bisa menggunakan aplikasi SD Insight untuk ini mengetahui isi data dari perangkat SD Card yang sedang anda gunakan.

Berikut Beberapa Fitur SD Insight.

  1. Bacalah informasi SD Card Anda. Dengan ini cobalah cocokkan informasi yang ditampilkan oleh aplikasi ini dengan informasi yang ada pada Bungkus atau kotak pembungkus SD Card saat pertama membeli. Yang perlu diperhatikan adalah pencocokan tanggal poduksi dan pembuatan SD Card ini. Jika informasi yang tertera pada kemasan dan informasi yang diberikan SD Insight berbeda, bisa kamu pertanyalan keaslian memori tersebut.
  1. Membaca informasi memori internal smartphone kamu. Yang lebih menarik dari aplikasi ini adalah jika memori anda tersebut palsu, SD Insight tak mampu menampilkan data yang ada pada SD Card tersebut. Bisa juga mungkin karena Memory yang sedang anda gunakan tidak terdaftar. demi kenyamanan dan keamanan disarankan menggunakan memory yang benar-benar telah teruji kualitasnya. Jangan karena harga yang murah dan dengan menggunakan merk ternama anda tergiur untuk membeli-nya. Selalu utamakan kualitas untuk penggunaan jangka panjang. Baik untuk anda maupun smarthphone atau gadget.
Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me

Ahmad Shafar Dwi Cahyo

Penulis artikel at asafaharu
sekedar menjalankan hobi
Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me

Latest posts by Ahmad Shafar Dwi Cahyo (see all)