Untuk para fotografer mendapatkan hasil foto yang terbaik itu adalah impian, sebab memilih objek yang biasa namun memberikan hasil fotografi yang luar biasa itu merupakan hal yang sedikit sulit. Salah satunya adalah foto siluet, siluet merupakan sebuah efek dengan objek berwarna gelap yang di hasilkan dari fotografi. Singkatnya siluet memiliki sifat yang khas untuk menampilkan bentuk yang justru menghilangkan detail dari objek tersebut. Untuk mendapatkan foto siluet, biasanya bagian dari latar belakang objek harus sangat terang kemudian ambil dengan cara mengukur minimnya cahaya latar belakang.

Sebenarnya untuk mengambil foto siluet itu cukup mudah hanya saja diperlukan waktu yang sangat tepat, Nah untuk anda yang ingin mendapatkan hasil foto siluet terbaik silahkan ikuti tips dibawah ini.

Tips Mendapatkan Foto Siluet Terbaik

00034133 (2)

Pilihlah Objek Yang Kuat

Memilih objek yang kuat yaitu mencari objek yang bentuknya mudah dikenali, karena hal tersebut akan membuat foto lebih berkesan unik dalam bentuk dua dimensi dan akan membuat orang yang melihat foto lebih mendalami foto siluet. Foto siluet tidak dapat menonjolkan warna, teksture dan tone objek foto kita, maka dari itu bentuk yang harus menjadi ciri khas foto siluet.

Garis dan Bentuk Harus Tepat

Mengambil foto siluet yang pas adalah ketika terjadi sunset atau menit-menit terakhir tenggelamnya matahari. Biasanya dalam foto siluet itu selalu menggunakan objek manusia yang memberikan sebuah arti. Contoh misalkan kita memotret dua orang sedang bergandengan tangan atau yang sedang berhadapan yang bertujuan untuk mengekspose kedekatan diantara mereka berdua. Karena kita tidak bisa memperlihatkan detailnya maka bentuklah yang perlu dicari dan kemudian ditonjolkan.

Pengaturan Kamera Yang Tepat

Gunakanlah mode spot matering untuk matering. Pada umumnya kamera memiliki settingan awal menggunakan mode evaluative matering yang memanfaatkan seluruh cahaya yang ada serta memperhitungkan cahaya yang dibutuhkan. Apabila kita menggunakan mode spot matering kita dapat menggunakan satu titik frame untuk acuan kita. Contohnya menggunakan background seperti langit atau awan sehingga membuat objek akan terlihat gelap.

Jauhkan Cahaya Buatan

Yang dimaksud dengan cahaya buatan meliputi flash, reflektor, ataupun boucing. Pada awal kita belajar fotografi kita selalu berkaitan dengan cahaya tersebut. Yang dimaksud siluet disini bukan menyinari objek namun mempergelap objek dan memperterang background.

Pergunakan Mode Manual

Menggunakan mode manual sangat penting dari pada mode otomatis ataupun semi otomatis. Karena mode manual membuat kita untuk mengontrol segala aspek eksposur sehingga kita bisa lebih fleksibel. Langkah menggunakan mode manual yang pertama gunakanlah bukaan aperture paling kecil, karena bagian-bagian dari foto harus nampak jelas. Selanjutnya setting ISO sekitar 100-400 (hal ini tergantung ketersediaan cahaya di lokasi). Kemudian setting shutter speed untuk memperhatikan crop factor dari lensa yang kita pakai.

Gunakan Eksposure Compensation

Apabila diperlukan, gunakanlah Eksposure compensation karena gambar siluet pada umumnya adalah rendah cahaya mungkin kita memerlukan EV – 1 sampai – 3.

Prediksi Hasil Akhir

Kita harus bisa memprediksi hasil akhir jika ingin menghasilkan foto siluet yang bagus, dengan cara memadukan setting kamera yang tepat dan berdasarkan pengetahuan. Mungkin kita akan sering mencoba dan gagal, tetapi dengan terus merubah Shutter speed, ISO dan aperture kita akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Menggunakan Software Finishing

Ketika finishing kita sangat perlu bantuan software untuk memaksimalkan hasil foto kita, contohnya seperti meningkatkan intensitas warna hitam, menghitamkan bayangan, memperkuat garis, dan menghapus bercak-bercak yang tidak kita butuhkan. Proses ini juga dapat membantu kita memisahkan jarak antara background dan objek.

Gimana ? mudah kan? selamat mencoba semoga hasilnya memuaskan !