Kuba, Negara yang satu ini telah hadir dengan gebrakan baru, kini Negara tersebut telah memiliki sistem operasi Nasional sendiri yang telah diakui dunia. Sistem operasi tersebut merupakan sistem operasi berbasis Linux yang telah dikembangkan oleh para mahasiswa dari University of Computer Sciences yang juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kuba demi kesuksesannya.

Tidak sia-sia, dukungan yang digelontorkan oleh pemerintah alhasil membuahkan karya besar dari para mahasiswa. Para mahasiswa tersebut mampu menghadirkan sistem operasi terbaru yang mampu berlari hingga versi 4.0. Untuk membuat sistem operasi canggih tersebut, para mahasiswa memanfaatkan Ubuntu 12.04 LTS serta menggunakan desktop environment GNOME 3.4. untuk menunjang kesuksesannya.

Sistem Operasi yang diberi nama Nova OS ini akhirnya diluncurkan dalam 3 edisi  yaitu Escritorio, Ligero serta Servidor. Escritorio edisi paling pertama yang biasa disebut dengan Desktop CD. Edisi yang satu ini dapat memberikan desktop environment komplet  berbasis GNOME. Bagi para pengguna perangkat low-end, mereka telah disiapkan versi Untuk edisi Ligoro sebagai penunjang konektifitas. Dan edisi yang terakhir adalah Servidor yang  merupakan Nova OS disediakan khusus bagi para server.

sistem ubuntu

Sudah memiliki sistem operasi sendiri, saat ini pemerintah Kuba sedikit demi sedikit mulai melepaskan sistem operasi Windows yang telah mendarah daging dalam gaya hudup masyarakat setempat.  Gebrakan baru hasil buah karya para mahasiswa ini tentu saja mendapatkan apresiasi besar bagi pemerintah.

Kreatifitas para mahasiswanya yang telah mendapat dukungan dari para pemerintah, pada akhirnya membuahkan prestasi besar dan sukses mengharumkan nama bangas. Selain bias mengharumkan nama bangsa, torehan prestasi tersebut tentunya juga memberikan manfaat besar bagi seluruh masyarakat Kuba, mereka dapat menggunakan sistem operasi dengan gratis karena dianggap telah memiliki kedekatan ideologi masyarakat Kuba.

Alangkah bahagianya jika para mahasiswa Indonesia nantinya bisa menciptakan gebrakan berupa sistem operasi baru yang bisa diberdaya gunakan oleh masyarakat dengan gratis. Pastinya kebanggaan yang dirasakan oleh masyarakat Kuba akan juga dirasakan oleh masyarakat Tanah Air.