Teknologi Fairy Light – Sejauh ini hologram yang kita kenal adalah sebagai sebuah objek tiga dimensi dan tidak akan berpengaruh apa pun jika disentuh, akan berbeda hal nya dengan hologram yang telah dikembangkan di jepang ini. Benar saja sekumpulan ilmuan jepang telah banyak melakukan inovasi pada teknologi hologram yang membuat hologram itu bisa disentuh dan dirasakan oleh manusia.

Fomtosecond adalah teknologi yang digunakan oleh kumpulan ilmuwan jepang untuk mengembangkan Fairy Light. Teknologi ini menerapkan suatu sistem dengan memancarkan laser dengan frekuensi yang sangat tinggi. Laser yang dipancarkan tersebut bisa dilalui dengan waktu per sejuta miliar detik.

Berkat teknologi Fairy Light ini hologram bisa disentuh oleh manusia dan ketika disentuh membuat cahaya tersebut terganggu, menjadikan pixel hologram tersebut termanipulasi di udara. Teknologi yang masih dalam masa pengembangan oleh University Centre fo Optical Research and Education menggunakan teknologi yang telah disediakan dari pihak universitas khusus untuk peneliti.

Ketika disentuh permukaan hologram ini akan terasa kasar bagaikan sedang menyentuh aplas yang keras dan bukannya halus seperti wujudnya yang unik. Dengan kemunculan teknologi fairy light ini diharapkan manusia dapat langsung berinteraksi dengan Hologram untuk perkembangan teknologi dimasa depan, .

Tsukuba  menjelaskan bahwa andai sebuah format gambar visual 3D ditampilkan dan anda menyentuhnya, anda bisa menciptakan sebuah ilustrasi visual lainya menjadi lebih real dan nyata. Tsukuba merupakan salah seorang peneliti di Universitas tersebut.

Dalam Headlines Pulse, sebuah situs sains menjelaskan bahwa dengan hasil yang lebih lanjut dari  teknologi fairy light ini dapat merealisasikan kemungkinan adanya keyboard virtual dalam bentuk hologram atau yang lebih mengesankan lagi dengan teknologi seperti ini dapat menghadirkan video chat yang dapat menyentuh lawan bicara anda secara virtual.

Penampakan Teknologi Fairy Light

Masih dari laman situs Headline Pulse, bahwa teknologi hologram yang dapat di sentuh ini sudah pernah di demonstrasikan beberapa waktu yang lalu. Tetapi percobaan ini gagal dikarenakan saat percobaan itu berlangsung hologram ini malah membuat tangan penguji terbakar.

Untuk saat ini perkembangan teknologi hologram masih digunakan sebatas dunia fashion. Namun dengan adanya sumber daya yang sangat melimpah dan di anggap memiliki potensi yang besar diharapkan teknologi ini dapat berguna dalam setiap bidang seperti bisang hiburan, arsitektur maupun bidang medis.

Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me

Ahmad Shafar Dwi Cahyo

Penulis artikel at asafaharu
sekedar menjalankan hobi
Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me