Google Play Store adalah layanan konten digital milik Google yang melingkupi toko untuk produk-produk aplikasi seperti musik/lagu, buku, aplikasi sosial, permainan, ataupun pemutar media berbasis awan. Layanan ini dapat diakses baik melalui web atau pun aplikasi android (Play Store). Google Play Store mulai dikenalkan pada bulan Maret 2012 sebagai pengganti dari Android Market dan Layanan Musik Google.

Google Play Store dapat diakses dari perangkat Android versi 2.1 ke atas. Berikut ini adalah beberapa langkah dalam menginstal aplikasi dari Google Play Store yang biasa kita lakukuan. 1. Mencari aplikasi yang diinginkan. Kita dapat mencari aplikasi berdasarkan klasifikasi, ataupun langsung menggunakan fasilitas search. 2. Bila kita mengklik sebuah aplikasi, akan muncul deskripsi tentang deskripsi tersebut, rating yang diberikan para penggunanya, dan review atau komentar dari para penggunanya. 3. Bila kita mengklik install, maka aplikasi akan segera diunduh dan proses unduhan akan berlangsung sebagai background process, sehingga pengguna dapat kembali berselancar di Google Play Store. 4. Aplikasi yang telah diunduh dari Google Play Store akan tampil dalam menu downloads. Pengguna dapat menghapus aplikasi dari menu ini. Nah seperti ini kan? ternyata  masih ada banyak trik rahasia yang bisa kita eksplorasi demi mendapatkan aplikasi atau game mantap di Google Play Store yang sebelumnya tidak kita ketahui.

Trik Rahasia Google Play Store

Google-toys-around-with-the-Android-Market-changes-name-to-Google-Play

Google Play Store

  • Terdapat Format Rahasia Pada Google Play Store

Pada saat kamu mencari segala aplikasi maupun game pasti pada developer tertentu saja, maka sebenarnya Google Play Store memiliki cara untuk melakukannya agar lebih mudah. Caranya adalah ada pada kolom search di Play Store, tulis saja format pub:nama developer (yang diinginkan). Dengan menggunakan awalan pub: tersebut, akan keluar semua aplikasi yang pernah di-publish oleh developer tertentu yang sesuai dengan yang kita inginkan.

  • Terdapat Halaman Khusus Untuk Aplikasi Terbaik Versi Google Play Store

Sebenarnya di Google Play Store, ada halaman tersembunyi yang tidak dapat kamu akses apabila tidak mengetahui caranya. Halaman tersebut berisi list dari aplikasi-aplikasi top versi Play Store. Perbadaannya dengan Top Charts di bagian halaman utama dari Play Store,adalah pada halaman Top Charts biasanya tercampur dengan semua kategori yaitu Apps dan Games. Untuk halaman tersembunyi ini, mereka menyediakan khusus hanya aplikasi keren saja, tanpa disertai game.

  • Menemukan Nama Aplikasi Secara Tepat

Terkadang cukup rumit dalam mencari sebuah aplikasi tertentu, ternyata pada kolom hasil pencarian justru tidak ditemukan aplikasi tersebut. Jadi ketika kita yakin dengan nama sebuah aplikasi maupun game, akan lebih baik dn lebh tepatnya memberikan tanda kutip (“) di awal dan akhir keyword pencarian agar hasil pencarian lebih tepat dengan yang kita inginkan.

  • Terdapat Aplikasi untuk Menu Rahasia di Google Play Store

Apabila ingin seluruh link di poin nomor 1 ada di paling atas muncul secara permanen dan selalu di-update secara otomatis di Play Store, Sangat di butuhkan sebuah aplikasi kecil bernama Apps – Play Store Link. Aplikasi ini akan secara otomatis menambahkan sebuah menu baru di Play Store yang menampilkan Top Charts dari aplikasi-aplikasi yang sedang hot dan terpopuler. Itulah beberapa trik rahasia yang dapat membuat aktivitas dalam mencari aplikasi di Google Play Store menjadi lebih keren dan lebih produktif. semoga bermanfaat dan selamat mencoba