Clash of Clans adalah permainan game sejuta umat yang sangat populer di kalangan anak muda jaman sekarang sehingga banyak bermunculan tips dan trik clash of clans. Clash of Clans sangat diminati baik di smartphone berbasis android maupun iphone dan ipad. Game ini telah diunduh lebih dari 100 juta, sebuah angka yang fantastis tentunya. Dan adapaun pendapatan supercell sebagai developer clash of clans yaitu bisa mencapai miliaran perhari. Meskipun supercell hanya memiliki tiga game yaitu Clash of clans, hay day dan Boom Beach, itu sudah cukup untuk mengalahkan pendapatan EA Games yang sudah memiliki ratusan aplikasi game di Iphone dan Android.

Meskipun dengan ratusan juta pengguna, namun masih banyak orang yang belum tahu tips dan trik clash of clans, sehingga memainkan permainan begitu saja dengan sembrono. Padahal game ini adalah permainan game strategi yang memerlukan ketenangan dan tentu saja strategi yang baik.

Tips dan Trik Clash of Clans

1. Jangan Terburu-buru Mengupgrade Town Hall

Banyak orang yang berfikir bahwa dengan cepat mengupgrade town hall atau biasa disingkat th, mereka bisa mendapatkan Formasi Base dan Pasukan yang bagus dengan cepat pula. Padahal tidak sesederhana itu, game ini adalah permainan strategi dimana ketika kita memainkannya dengan terburu-buru malah akan membuat desa yang kita bangun mudah diserang.

Sebaiknya upgrade dulu pertahanan dan sumber loot terlebih dahulu sampai maksimal sebelum mengupgrade town hall. Agar meskipun th masih rendah, pemain lawan dengan th lebih tinggi akan sulit untuk menyerang desa yang telah dibangun.

2. Buatlah Formasi Base Yang Kuat.

formasi defense kuat coc

Formasi Base menentukan seberapa kuat dan tangguhnya sebuah village. Jika anda pintar mengatur formasi base maka pemain lawan akan segan untuk menyerang desa anda setelah melihat formasi yang kokoh. Sudah banyak diluar sana web dan blog lain yang membahas tentang formasi yang bagus untuk mempertahankan loot dan mempertahankan th.

Sebaiknya gunakan formasi yang berbeda untuk farming dan war. Karena keduanya berbeda kondisi, sebab jika di formasi farming kita berusaha untuk mempertahankan loot. Maka di formasi base untuk war kita akan mempertahankan town hall. Karena hanya dengan menghancurkan th saja, pihak lawan sudah bisa mendapatkan satu bintang.

3. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Gems Untuk Hal Yang Tidak Penting.

Gems merupakan sesuatu yang sangat penting pula di permainan clash of clans. Bahkan banyak pemain yang rela menghabiskan dananya sampai jutaan untuk membeli gems. Gems ini banyak kegunaannya, diantaranya untuk mempercepat waktu pengerjaan atau upgrade bangunan oleh builder. Dan juga ketika loot habis maka gems bisa menggantikannya untuk membeli sesuatu.

Sebaiknya gunakan gems dengan bijak, jangan digunakan jika dirasa tidak penting. Misalnya jika anda mengupgrade atau membangun sebuah bangunan, tunggu saja hingga proses selesai. Untuk sementara anda bisa mencari loot dengan menyerang desa lawan atau keluar dulu dari game dan mencari kegiatan lain hingga builder selesai mengerjakan bangunan tersebut.

Anda bisa menyimpan gems hingga mencukupi untuk membeli Builder Hut. Agar semua proses pembangunan dan upgrade bisa dilakukan dengan cepat. Karena semakin banyak builder hut maka semakin banyak pula bangunan yang bisa di upgrade hanya dengan sekali jalan.

4. Jangan Pernah Tergiur Menggunakan Cheat, Hacks, dll.

Banyak orang yang menginginkan level dan th nya bisa cepat menanjak hingga mencari-cari aplikasi pihak ketiga untuk cheat dan hacks. Padahal aplikasi tersebut hanya menyebarkan malware, atau sekedar mencuri user dan password jika anda sembarangan memasukkan data anda di aplikasi tersebut.

Belum ada aplikasi cheat maupun hacks untuk saat ini. Jika anda membaca itu diluar sana, maka bisa saya pastikan bahwa itu bohong. Mungkin anda akan tertarik dengan iming-iming untuk mendapatkan gold, elixir dan gems yang banyak. Tapi anda akan sedikit kecewa jika mendapati bahwa itu adalah palsuu. Dan bahkan bukan tidak mungkin akun anda akan berpindah tangan ke orang lain.

5. Gunakan XmodGames Untuk Mencari Loot dan Simulasi Serangan.

Xmodgames adalah salah satu aplikasi modifikasi dari game-game android yang salah satunya clash of clans. Aplikasi ini sendiri akan membantu anda untuk mendapatkan gold dan elixir dengan mudah. Karena ketika anda menggunakan fitur pencarian loot dari aplikasi ini. Maka ketika mencari desa untuk diserang, pencarian akan terus di skip sampai anda mendapatkan desa dengan jumlah loot besar sesuai dengan banyaknya jumlah yang telah ditentukan dalam fitur pencariannya. (Baca: Cara Mudah Mencari Loot Gold dan Elixir Clash of Clans)

Anda juga bisa melakukan serangan simulasi atau dengan kata lain hanya serangan bohongan. Jadi setelah anda melakukan serangan tersebut, aplikasi akan keluar dan seakan-akan tidak pernah terjadi apa-apa dengan desa yang anda serang. Jadi semua gold dan elixir yang anda dapatkan di serangan simulasi ini tidak akan terhitung. Gold dan Elixir anda akan kembali seperti semula pada saat sebelum menyerang. Namanya juga cuman simulasi kok.

Serangan simulasi bisa digunakan pada saat war untuk mencari cara menyerang yang paling baik. Anda bisa menyerang formasi base lawan setelah menemukan cara menyerang yang tepat untuk mendapatkan tiga bintang. Jadi ketika anda melakukan serangan simulasi serangan tidak akan terhitung baik menang maupun kalah.

Banyak yang kemudian bertanya, apakah game ini tidak termasuk cheat? Bisa saya pastikan game ini bukanlah sebuat cheat atau semacamnya. Bisa dibilang ada sedikit modifikasi untuk file dari game clash of clans sehingga aplikasi ini membutuhkan hak akses root (Baca: Cara Root Android Semua Tipe Hp). Tapi efek dari aplikasi ini tidak akan terlihat di aplikasi clash of clans orang lain. Karena itu hanyalah efek sementara yang hanya terlihat di aplikasi clash of clans kita yang dibuka melalui Xmodgames.

Untuk mendownload aplikasi ini, bisa membaca artikel saya sebelumnya Cara Instal dan Menggunakan XmodGames di Ponsel Android.

6. Pelajari Cara Menyerang Yang Baik.

serang-village-clash-of-clans

Jika anda hendak menyerang desa lawan, maka ada baiknya anda mengamati terlebih dahulu. Lihat posisi mortar, archer dan pertahanan lain dan tebak letak perangkap sehingga anda bisa lebih leluasa untuk menentukan darimana serangan pertama akan dimulai dan troops apa yang bisa digunakan untuk menyerang.

Jangan terburu-buru langsung menyerang hanya karena melihat gold dan elixir yang banyak. Sebaiknya pelajari terlebih dahulu formasi base lawan. Anda bisa langsung melakukan serangan jika yakin bisa menang. Namun jikalaupun anda tidak yakin bisa menang tapi bisa mendapatkan banyak gold dan elixir, anda tetap bisa menyerang dengan memfokuskan serangan pada loot lawan. Jika memang tujuan serangan adalah loot lawan. Tapi jika tujuan utama anda adalah untuk mendapatkan xp maka seranglah desa yang kemungkinannya besar untuk mendapatkan bintang tiga.

Demikian sedikit Tips dan Trik Clash of Clans dari saya, jika ada yang perlu anda tanyakan atau mungkin ingin disanggah silahkan berkomenter dibawah.