Tips Shortcut Pada Firefox Yang Belum Banyak Yang Tau

Shortcut Pada Firefox Nama Firefox sepertinya sudah tidak asing lagi dalam telinga kita. Broser hebat buatan Mozilla ini sebenarnya juga telah dilengkapi dengan beberapa shortcut pada firefox atau tombol pemintas, layaknya program office. Dengan kita menggunakan sebuah atau kombinasi tombol tertentu, kita dijamin dapat membuat peramban hebat ini jadi lebih mudah, nyaman dan semakin cepat. Sebagai contoh misalnya dengan cukup menekan tombol untuk kembali ke bagian paling awal dari sebuah laman web pastinya cara ini tentu akan lebih cepat jika harus scroll mouse hingga keatas. Maka langsung saja kita bahas berikut ini 6 tombol shortcut  browser handal pilihan kita Mozilla Firefox untuk Windows maupun Mac.

Beberapa Kombinasi Tombol Shortcut Pada Firefox

  1. Tombol home untuk kembali ke bagian atas

  Seperti yang telah dicontohkan di atas tadi, kita tak perlu untuk menggulirkan roda tengah mouse untuk dapat kembali pada bagian paling awal atau atas dari suatu laman, terdapat cara lain yang lebih mudah dan lebih singkat. Para pengguna OS Windows cukup menekan tombol “ Home ” pada papan keyboard, maka Firefox akan otomatis mengembalikan keposisi awal atau atas. Sedangkan untuk pengguna komputer Mac, bisa mencoba dengan menekan tombol “Command” dan “Up” secara bersamaan.  

  1. Ctrl+J untuk membuka daftar download

  Tanpa kita menggunakan tombol pemintas, para pengguna baru akan sedikit kesulitan menemukan daftar file yang sedang dan sudah selesai didownload. Perintah untuk membuka daftar download memang diselipkan dalam menu bersama perintah – perintah lainnya. Supaya menjadi lebih cepat,  untuk pengguna Windows cukup dengan menekan tombol “Ctrl” dan “J” pada keyboard, dan memakai kombinasi “Command” + “Shift” + “J” bagi pengguna Mac.

  1. Ctrl+D untuk Bookmark situs

Untuk menandai atau mem-bookmark sebuah situs sebenarnya sudah sederhana. Dengan kita mengklik tombol “Bintang” di sebelah kotak “Search” pada bagian atas, kita langsung bisa mem-bookmark situs yang diinginkan. Bila kita ingin menggunakan shortcut, cukup tekan “Ctrl” + “D” pada Windows dan menekan “Command” + “D”.pada Mac.  

  1. Ctrl+W untuk menutup Tab

Untuk menutup sebuah tab baru yang sudah tidak diperlukan, kita bisa mencoba shortcut dengan menekan tombol “Ctrl” + “W” pada OS windows dan “Command” + “W” pada Mac  

  1. Shift+Space untuk Jelajah bagian situs

Kita tak perlu menggulirkan roda tengah mouse untuk membaca content pada situs yang telah dibuka. Cukup dengan tekan tombol “Space” maka laman akan bergeser ke bawah bagian per bagian. Pastikan kursor tidak ada dalam sebuah kolom, misalnya kolom untuk pengisian nama atau password. laman akan bergeser ke bagian atas, pengguna Firefox di Windows dan Mac bisa sama-sama menekan tombol “Shift” + “Space”.  

  1. Ctrl+F untuk Membuka kolom pencarian

  Bila kita ingin mencari kata tertentu pada laman situs, pengguna Windows dapat menekan tombol “Ctrl” + “F”, sedangkan pengguna Mac dengan kombinasi “Command” + “F”. Dengan menekan kombinasi Shortcut itu maka kolom pencarian kata akan terbuka. Selanjutnya kita tinggal mengetik kata yang ingin dicari dan tekan tombol “Enter” atau “Return” saja untuk eksekusi shortcut pada firefox