Tato Biometrik – Wearable dengan fungsi memantau tingkat kebugaran sudah ada beragam jenis dan bentuknya, bukan hanya sebatas gadget seperti Smartwatch atau gelang pintar, sekarang hadir juga dalam bentuk tato yang biasa dipasangkan pada kulit tubuh manusia.

Chaotic Moon Studios adalah sebuah perusahaan besar ternama dan berbasis di Austin, Texas, Amerika Serikat telah menciptakan sebuah terobosan teknologi terbaru bernama Tech Tats.  Teknologi unik dan baru ini bekerja dengan menggabungkan antara titik sensor melalui sebuah cat konduktif untuk membentuk sebuah tato biometrik.

Cara implementasinya Berbeda dengan tato implan lainya yang ditanam pada tubuh manusia. Tato unik ini bisa di pasang dan dilepas sesuai dengan keinginan. Meski demikian jangan anda harap dapat men-desain tato ini dengan bentuk tato konvensional pada umumnya seperti desain triball atau flame. Tech Tats sendiri di desain dengan bentuk seperti suatu sirkuit elektro yang berfungsi dan mampu memantau tingkat kebugaran pengguna tato ini.

Tato Biometrik ini di rancang oleh para pengembang agar bisa mengetahui suhu tubuh manusia dan dapat membaca detak jantung manusia. Hebatnya lagi, semua data yang tersimpan pada tato ini dapat di akses dan dilihat melalui smartphone dengan meng-instal sebuah aplikasi bernama Tech Tats terlebih dahulu.

tech tats tato Biometrik

Dengan tertanam-nya Lampu LED dan Attiny85 microcontroller yang dipasang pada jalur tinta konduktif, tingkatan stress seseorang dapat diketahui oleh Tech Tats ini, memeriksa tekanan darah, memantau suhu tubuh, hingga detak jantung pengguna. Memang jika di perhatikan sekilas fungsi dari tato biometrik ini hampir mirip dengan fungsi dari Apple Watch milik apple atau fitnes tracker milik FitBit.

Dengan sekian keunggulan dan manfaat Tech Tats, Ben Lamn  selaku pimpinan perusahaan mengatakan bahwa tato tersebut bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti untuk memantau keberadaan seorang anak oleh para orang tua atau difungsikan oleh para militer untuk memantau kesehatan dan lokasi tentara-nya.

Selain dari beberapa keunggulan yang telah disebutkan. Chip pada Tech tats ini juga dapat berfungsi menyimpan identitas ataupun informasi perbankan si pemilik tato biometrik ini sehingga memunginkan untuk fitur pembayaran seperti Apple Pay.

Layaknya kebanyakan high-tech lainnya, tato biometrik ini pun masih dalam bentuk prototipe terus diteliti dan masih dikembangkan oleh tim Chaotic Moon Studios, semoga bisa diproduksi secepatnya yah.

Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me

Ahmad Shafar Dwi Cahyo

Penulis artikel at asafaharu
sekedar menjalankan hobi
Ahmad Shafar Dwi Cahyo
follow me