Belum lama ini, Microsoft dikabarkan telah berhasil meluncurkan salah satu produknya bertajuk Windows 3010 Mobile versi Technical Preview Build 10.149. Menurut kabar yang telah beredar beberapa hari ini, produk yang baru saja di rilis tersebut, menyematkan fitur native call recording atau semacam kemampuan untuk merekam secara otomatis sebuah percakapan telepon.

Untuk fitur semacam itu sebenarnya bukanlah fitur yang ‘wah’, dalam dunia tehnologi. Namun bagi Windows Phone fitur ini masih tergolong anyar, karena hingga saat ini belum ada windows phone yang menggunakan fitur tersebut.  Perilisan Windows 10 Mobile dengan dukungan  fitur call recording sendiri, memang tidak secara resmi di umumkan oleh Microsoft. Namun kabar kehadiran Windows 10 mobile tersebut muncul dari sebuah folder bernama Recorded Calls yang termuat dalam aplikasi File Explorer.

Folder yang memuat informasi tentang kehadiran produk baru Microsoft ini merupakan folder yang berisikan rekaman telepon, selain file produk tersebut tersebut terdapat pula Documents, Downloads, Music, Pictures, Ringtones, dan Videos.

windows 10

Aplikasi terbaru dari Microsoft ini nantinya juga bakal mampu menyimpan Voice Recorder pada Windows 10 Mobile yang juga bisa digunakan untuk mengakses serta menggunakan folder Recorded Calls  sebagai tempat penyimpanan rekaman. Keberadaan fitur ini tentu saja menjadi gebrakan baru bagi Microsoft, pasalnya pada beberapa Windows Phone rilis sebelumnya, fitur yang demikian belum pernah ada.

Produk Windows 10 Mobile, dirumorkan bakal dirilis pada bulan September 2015 mendatang. Saat ini pihak Microsoft masih mengembangkan produknya tersebut,  agar lebih sempurna. Diluncurkannya Windows 10 Mobile Technical Preview build paling anyar ini juga dikabarkan sebagai salah satu momen tepat bagi Microsoft memperbaiki bug serta kekurangan yang sempat diketemukan sebelumnya.

Windows 10 Mobile, dalam kehadirannya nanti kabarnya bakal mengusung browser Microsoft Edge untuk menggantikan peran dari Internet Explorer. Namun, sayang beberapa orang merasakan kecewa akibat adanya error 80091007 ketika akan mengupdate build terbaru dari Microsoft ini. Hingga kabar ini diturunkan ke publik, masih belum ada tanggapan jelas dari pihak perusahaan sendiri, Microsoft masih enggan untuk mempublikasikannya.