Platform Blogging Popular WordPress Rubah Penampilan Untuk terus meningkatkan layanan, Platform Blogging itu  kini merubah semua bahasa pemrograman mereka dengan JavaScript dan kode-kode di baliknya dirilis sebagai open source. Automattic, perusahaan yang menaungi WordPress tersebut memiliki sebuah proyek bernama Calypso yang sudah berjalan selama 20 bulan. Proyek tersebutlah yang digadang – gadang sebagai bentuk perubahan dari WordPress.com

Pengenalan Singkat Platform Blogging WordPress

Menurut Wikipedia WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Sebagai penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg. WP saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya .

Tujuan Project Calypso

Project Calypso dibuat dengan tujuan membuat WordPress.com menjadi lebih relevan dengan kondisi dunia blogging saat ini yang membutuhkan pemrosesan secepat kilat dan perangkat genggam. Sebagaimana yang di siarkan oleh TechCrunch, Rabu (25/11/2015), platform blogging itu akan sepenuhnya  meninggalkan bahasa pemrograman PHP dan MySQL dan membangun ulang seluruhnya dengan JavaScript serta API tertentu.

era-baru-wordpress

Jadi nantinya ketika pengguna mengakses alamat situs mereka maka server akan mengirimkan sebuah WordPress client yang penuh dan berjalan sepenuhnya dibrowser pengguna. Hal ini disebut dengan Single Page Applications (SPAs), yang bertujuan untuk mempercepat kinerja pengaksesan situs, jadi nantinya pengguna tidak akan mengalami loading yang lama. Begitu juga ketika diakses via perangkat genggam maka aksesnya akan jauh lebih cepat.

Bukan hanya itu saja Automattic sebagai perusahaan yang menaunginya juga akan merilis kode-kode Calypso sebagai materi open source. Jadi nantinya para developer bisa melihat dengan bebas dan memanfaatkannya, asalkan taat pada aturan GNU General Public License version 2. Untuk Update kali ini aplikasi WordPress.com juga akan tersedia untuk Mac. Aplikasi in nantinya akan membawa fitur – fitur yang tidak jauh berbeda dengan basis webnya namun dengan sedikit tambahan fitur.

Untuk melengkapi ekspansi mereka, Versi terbaru juga akan dirilis untuk para pengguna Windows dan Linux. Jadi para pengguna yang menggunakan Operating System tertentu tidak usah khawatir karena tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut.